Profil Timnas Inggris di Piala Eropa 2020: Momentum Tiga Singa

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 21 Mei 2021
Profil Timnas Inggris di Piala Eropa 2020: Momentum Tiga Singa
Timnas Inggris (Twitter)

BolaSkor.com - Tim Nasional Inggris hampir selalu menyandang status unggulan kala berlaga di turnamen akbar seperti Piala Eropa. Namun skuat Tiga Singa hampir selalu gagal menjawab ekspektasi tinggi para suporternya.

Inggris yang mengklaim sebagai negara penemu sepak bola nyatanya punya rekor buruk kala berlaga di Piala Eropa. Negara yang terletak di Britania Raya itu belum pernah meraih gelar juara.

Prestasi terbaik Inggris hanyalah dua kali berada di peringkat ketiga yaitu pada edisi 1968 dan 1996. Khusus yang terakhir bahkan terbantu dengan status tuan rumah.

Baca Juga:

Skuad Sementara Tim-tim Piala Eropa 2020

Profil Timnas Makedonia Utara di Piala Eropa 2020: Masih Bau Kencur

Profil Timnas Austria di Piala Eropa 2020: Cita Rasa Bundesliga

Padahal Inggris kerap tampil perkasa di babak kualifikasi. Salah satu contohnya terjadi pada Piala Eropa 2020 ini.

Tergabung di grup A, Inggris tak kesulitan merebut puncak klasemen. Jordan Henderson dan kawan-kawan bahkan meraih tujuh kemenangan dari delapan laga meski bersaing dengan tim-tim kuda hitam seperti Republik Ceko, Montenegro, Bulgaria, dan Kosovo.

Inggris memiliki momentum untuk melanjutkan performa apiknya di putaran final. Apalagi babak semifinal hingga final akan berlangsung di kandang mereka yang menjadi keuntungan tersendiri.

Namun mereka harus waspada karena undian mempertemukan mereka dengan Kroasia, Skotlandia, dan Republik Ceko lagi di grup D. Jika tak langsung tancap gas, nasib buruk di turnamen-turnamen sebelumnya akan kembali terulang.

Momen Bersejarah

Inggris gagal menjadi juara Piala Eropa 1996 meski bertindak sebagai tuan rumah.

Salah satu momen paling bersejarah Inggris di Piala Eropa tentu semifinal edisi 1996. Saat itu tim yang ditangani Terry Venables berhadapan dengan rival abadinya, Jerman.

Duel kedua tim berlangsung sengit. Inggris yang tampil di kandang sendiri mampu unggul cepat lewat Alan Shearer saat laga baru berjalan tiga menit. Namun Jerman mampu membalas tiga belas menit kemudian melalui gol Stefan Kuntz.

Di sisa laga, kedua tim tidak mampu menambah perbendaharaan golnya. Sang pemenang pun harus ditentukan lewat babak adu penalti.

Pada duel tos-tosan, Jerman lebih beruntung. Enam eksekutor penaltinya sukses menjalankan tugas sementara satu algojo Inggris gagal sehingga Der Panzer menang dengan skor 6-5 (7-6).

Hasil ini mengubur mimpi Inggris untuk melaju ke final. Ambisi mereka untuk meraih gelar Piala Eropa perdananya pun pupus begitu saja.

Pemain Kunci

Harry Kane dan Jadon Sancho

Inggris diperkuat banyak bintang yang merupakan andalan klub-klub besar Premier League. Namun dua nama yang layak menjadi pemain kunci adalah Harry Kane dan Jadon Sancho.

Kane akan menjadi tumpuan utama Inggris dalam urusan membobol gawang lawan. Penyerang Tottenham Hotspur itu merupakan top skorer di babak kualifikasi dengan koleksi 12 gol.

Sementara Sancho merupakan salah satu pemain muda dengan pengalaman segudang. Ia menjadi satu dari sedikit bintang Inggris yang berkarier di luar negeri.

Andai dua pemain tersebut tampil buruk, Inggris punya sejumlah bintang lain yang bisa diandalkan. Nama-nama seperti Marcus Rashford, Raheem Sterling, hingga Phil Foden juga tak kalah berkualitas.

Pelatih

Gareth Southgate

Posisi pelatih Timnas Inggris saat ini diduduki oleh Gareth Southgate. Pria berusia 50 tahun tersebut sudah bertugas sejak 2016 silam.

Bersama Southgate, Inggris tampil gemilang di Piala Dunia 2018. Mereka mampu melaju hingga semifinal sebelum akhirnya finis di peringkat keempat.

Southgate juga punya motivasi tersendiri di Piala Eropa 2020. Ia tentu bertekad menebus dosanya 24 tahun lalu saat menjadi satu-satunya eksekutor penalti Inggris yang gagal membobol gawang Jerman dan membuat timnya gagal ke final.

Prediksi Formasi

Timnas Inggris

Timnas Inggris (4-3-3): Jordan Pickford; Kieran Trippier, Harry Maguire, John Stones, Luke Shaw; James Ward-Prowse, Declan Rice, Mason Mount; Marcus Rashford, Harry Kane, Jadon Sancho.

Jadwal Pertandingan

Inggris vs Kroasia (13/06 - 20.00 WIB - Wembley)
Inggris vs Skotlandia (19/06 - 02.00 WIB - Wembley)
Republik Ceko vs Inggris (23/06 - 02.00 WIB - Wembley)

Timnas Inggris Piala Eropa 2020 Piala eropa Profil Tim Piala Eropa Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan