Profil Yerikho Tuasela, Calon Bintang Bali United di IBL 2021

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 15 Januari 2021
Profil Yerikho Tuasela, Calon Bintang Bali United di IBL 2021
Yerikho Christphor Tuasela. (IBL)

BolaSkor.com - Bali United mungkin berstatus tim baru di Indonesia Basketball League (IBL) 2021. Namun, skuat besutan Aleksandar Stefanovski cukup punya kualitas untuk bersaing. Yerikho Christphor Tuasela merupakan salah satu sosok yang jadi calon bintang Tridatu Warriors.

Yerikho merupakan salah satu sosok potensial yang didatangkan Bali United. Kehadiran Yerikho bersama para pemain berpengalaman, seperti Surliyadin, Yo Sua, Daniel Wenas hingga Ponsianus Nyoman "Komink" Indrawan diharapkan bisa menghadirkan kekuatan baru di IBL.

Yerikho sendiri tumbuh menjadi seorang pebasket profesional dengan tempaan dua tim basket Surabaya, CLS Knights dan Pacific Caesar Surabaya. Dia merupakan motor dari permainan tim. Pada IBL 2018/2019, Yerikho mencatatkan 21,43 menit per game serta 7,17 poin per gim.

Cukup bagi pemain asal Sidoarjo ini bertualang di zona nyaman. Yerikho meninggalkan Surabaya dan menerima pinangan Bali United. Berstatus tim baru, Yerikho punya kewajiban membawa Bali United tampil trengginas di musim perdana.

Baca Juga:

PPKM di Pulau Dewata, Bali United Lakukan Penyesuaian

Dikalahkan Pelita Jaya, Bali United Petik Pelajaran Berharga

Bagi Yerikho, menerima pinangan Bali United merupakan sebuah tantangan. Yerikho pun tak kesulitan ketika memutuskan untuk menyetujui tawaran yang disodorkan Bali United sebagai tim debutan.

"Saya merasa tertarik dengan daerah baru yang akan berlaga di liga pro basket. Menurut saya, Bali itu antusias basketnya besar. Kalau di tim-tim Jakarta kan sudah mainstream, makanya saya memilih Bali United agar nama basket Bali bisa lebih dikenal lagi di liga pro Indonesia," ucap Yerikho.

Yerikho tak merasa kesulitan beradaptasi dengan tim yang benar-benar baru. Termasuk dengan keberadaan deretan rookie putra Bali yang baru tahun ini akan merasakan ketatnya IBL.

"Sejauh ini suasana tim baik-baik saja. Kita tidak ada yang namanya senior atau junior. Semua membaut menjadi satu. Dengan begitu, komunikasi antarpemain pun lebih enak. Kita sempat ke Jakarta, sparing sama Pelita Jaya dan West Bandit. So far kita sudah cukup bagus chemistry dalam dua sparing itu. Tinggal disiapkan nanti apa yang masih kurang saja untuk IBL bulan Maret nanti," jelas Yerikho.

Adaptasi Pelatih dan Permainan Tim

Yerikho Christphor Tuasela
Yerikho Christphor Tuasela. (IBL)



Bali United baru bersiap pada akhir November lalu. Pada awal persiapan, Yerikho dkk. dilatih dua asisten putra daerah, IGN Rusta Wijaya dan IGN Teguh Putra Negara. Barulah pada pertengahan bulan Desember, pelatih asal Makedonia, Aleksandar Stefanovski datang.

Kehadiran Aleks melengkapi status Bali United sebagai tim baru. Sepanjang karier sebagai pebasket maupun pelatih, pemilik lisensi FIBA ini belum pernah berkarir di Indonesia. Aleks benar-benar baru mengenal Indonesia dan basketnya.

Para pemain mulai beradaptasi dengan sistem yang diinginkan Aleks. Bagi Yerikho, sejauh ini adaptasi berjalan bagus. Para pemain mengerti apa yang diinginkan pelatihnya.

"Adaptasi sih untuk para pemain cukup bagus, karena dia bukan tipikal pelatih killer yang suka marah-marah. Lebih ke on point basketnya saja. Jadi anak-anak pun bisa mengerti apa maksud dan poin-poin pentingnya waktu latihan," tutur Yerikho.

Sejauh ini apa yang tampak di tim ini terlihat bagus. Meski harus kalah dalam uji coba lawan Pelita Jaya dan West Bandit Solo, tim menunjukkan progres. Setidaknya dalam dua partai itu, Bali United sempat unggul di kuarter kedua, sebelum kemudian kalah tipis.

Yerikho menjadi salah satu motor tim. Pergerakannya cukup bagus dalam membuka ruang untuk pemain lain maupun mencetak angka. Dia mulai enjoy dengan permainan tim.

"Sejauh ini sudah cukup nyaman, karena chemistry dari beberapa pemain sudah cepat terbentuk. Mungkin yang harus ditingkatkan lagi cuma akurasi tembakan, karena dari dua sparing terakhir akurasi masih kurang bagus," ungkapnya.

Enjoy Tinggal di Bali

Yerikho Christphor Tuasela
Yerikho Christphor Tuasela. (Zimbio)



Aleks memang cukup serius memperbaiki kebugaran para pemain. Dalam sehari, para pemain bisa berlatih hingga tiga kali. Butuh tenaga dan fokus ekstra agar setiap latihan bisa berjalan maksimal.

Untung saja, ketika latihan libur, mereka bisa dengan mudah melepas penat. Di Bali, khususnya kawasan Kuta, ada banyak pantai yang enak untuk dinikmati. Begitu pula dengan tempat-tempat nongkrong yang asik.

"Di Bali enak banget. Latihannya memang padat, tapi ada beberapa hari yang off di sore hari. Jadi masih bisa disempetin jalan-jalan bareng dengan pemain lain," kata Yerikho.

Masih ada waktu bagi Yerikho dkk. untuk memperbaiki kualitas. Bila mereka semakin tangguh, harapan membuat kejutan di IBL 2021 terbuka lebar. Bukan tak mungkin Bali United akan mewakili Divisi Merah, menembus babak playoff, sesuai target pada musim pertama. (Laporan Kontributor Putra Wijaya/Bali)

Yerikho Tuasela Bali United IBL Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.017

Bagikan