BolaSkor.com - Konfederasi Sepak Bola Asia, AFC, memutuskan untuk menunda sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 Zona Asia. AFC menunda sisa laga ini ke tahun 2021.

Keputusan ini diambil AFC setelah berkoordinasi dengan FIFA, di mana pandemi Virus Corona (COVID-19) belum mereda secara keseluruhan. Namun, AFC belum memberi tahu kapan tepatnya sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 akan berlangsung pada tahun depan.

PSSI merespons hal ini dengan mengikuti arahan AFC dan FIFA. Rencana semula, sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 digelar pada jeda internasional di Bulan Oktober dan November. Adapun Timnas Indonesia dijadwalkan sebelumnya bakal menghadapi Thailand (8/10), Uni Emirat Arab (13/10), dan Vietnam (12/11).

Baca Juga:

Timnas Indonesia Urung Tanding Oktober dan November, Jadwal Kualifikasi Piala Dunia Mundur ke 2021

Ryuji Utomo Tak Ingin Buang Kesempatan untuk Bela Timnas Indonesia Usai Absen Lama

"PSSI mendukung keputusan FIFA dan AFC terkait penundaan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dikutip dari laman PSSI.

Timnas Indonesia pun tak memiliki agenda di tahun 2020. Seiring dengan ditundanya Piala AFF 2020 ke bulan April 2021. Sementara itu, Timnas Indonesia sudah menggelar pemusatan latihan (TC) dengan menghadirkan 29 pemain di Stadion Madya, Jakarta, sejak Jumat (7/8).

"Dengan ini, tentunya tim pelatih akan mengubah program latihan, apalagi Piala AFF 2020 juga telah ditunda. Kami berharap pemain tetap semangat dan berlatih terus untuk memberikan yang terbaik untuk timnas Indonesia," ujar Iriawan.

Timnas Indonesia saat ini terdampar di dasar klasemen sementara Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 dengan belum mendapat poin. Skuat Garuda menderita lima kekalahan.

Tiga laga sisa tak berpengaruh kepada peluang Timnas Indonesia ke babak selanjutnya Kualifikasi Piala Dunia 2022, karena sudah tertutup. Peluang Timnas Indonesia menuju Piala Asia 2023 hanya bisa melalui babak play-off.