Proses Naturalisasi Shayne Pattynama Masuk Tahap Persetujuan Presiden Jokowi

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 09 November 2022
Proses Naturalisasi Shayne Pattynama Masuk Tahap Persetujuan Presiden Jokowi
Rapat kerja Komisi III DPR-RI membahas naturalisasi Shayne Pattyanama bersama Menpora, Kemenkumham, dan PSSI. (PSSI)

BolaSkor.com - Komisi III DPR Republik Indonesia (RI) turut menyetujui permohonan naturalisasi calon pemain Timnas Indonesia, Shayne Pattynama. Keputusan ini diambil dalam rapat kerja Komisi III, Rabu (9/11).

Turut hadir dalam raker tersebut Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI Yasonna H Laoly, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali beserta Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Sekjen Yunus Nusi.

Sebelumnya, pada Selasa (8/11), restu terhadap permohonan naturalisasi Shayne Pattynama juga diberikan oleh Komisi X DPR RI.

"Komisi III DPR RI menyetujui pemberian kewarganegaraan RI atas nama Shayne Elian Jay Pattynama untuk selanjutnya diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan," kata Adies Kadir, pimpinan sidang Komisi III DPR RI yang juga Wakil Ketua Komisi III DPR RI.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyambut baik restu dari Komisi III dan Komisi X DPR-RI untuk proses perpindahan kewarganegaraan Shayne Pattynama.

Baca Juga:

Naturalisasi Shayne Pattynama Disetujui DPR

PSSI Akan Kejar Izin agar Shayne Pattynama, Jordi, dan Sandy Ikut Persiapan Timnas

Iriawan berharap seluruh tahapan proses naturalisasi yang akan dijalani Shayne Pattynama bisa berjalan lancar.

"Saya mengucapkan kembali syukur Alhamdulillah, karena Komisi III DPR RI juga telah menyetujui permohonan naturalisasi untuk Shayne Pattynama. Setelah kemarin Komisi X menyetujui hal serupa. Hanya tinggal beberapa proses lagi yang harus diselesaikan," ujar Iriawan.

"Semoga proses-proses berikutnya berjalan lancar sehingga kita bisa melihat Shayne mengenakan seragam kebanggaan timnas Indonesia,” tambahnya.

Di sisi lain, Shayne Pattynama merasa sangat bersyukur karena dengan restu dari Komisi III dan Komisi X DPR-RI dirinya bisa melanjutkan tahapan proses naturalisasi.

"Dengan ini, saya juga semakin dekat untuk mengabulkan keinginan ayah saya yang sangat menginginkan saya untuk bermain bersama tim nasional Indonesia. Mimpi saya dan ayah saya itu sangat besar, saya sangat ingin membela tim nasional Indonesia dan juara bersamanya. Saya berharap proses ini bisa berjalan dengan lancar,” ucap pemain Viking FK tersebut.

Setelah ini proses naturalisasi Shayne Parttynama akan dibawa ke sidang paripurna DPR untuk disetujui. Berikutnya berkas akan diberikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk diterbitkan Keppres (Keputusan Presiden).

Jika tahapan tersebut telah dilalui, maka pemain keturunan Indonesia-Belanda itu tinggal mengambil sumpah setia sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Adapun kehadiran Shayne Pattynama di Skuat Timnas Indonesia sngat dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-Yang. Shayne Pattynama juga berpengalaman bermain di kompetisi Eropa. Kini dia bermain di Liga Norwegia bersama Viking FK.

Shayne Pattynama sudah mencatatkan 26 enam penampilan sejak dikontrak dari musim 2021. Di sana Shayne Pattynama berhasil mencatatkan dua gol meski menempati posisi bek.

Jordi Amat Sandy Walsh Timnas Indonesia Pssi Shayne Pattynama Mochamad Iriawan Naturalisasi Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.306

Bagikan