BolaSkor.com – Jajaran tim pelatih PSIS Semarang menambah deretan pelatih jelang pekan kedua kompetisi Liga 1 2022/2023. Kali ini manajemen PSIS mendatangkan pelatih kiper gres asal Inggris, yakni Rory Grand.

Pria berusia 36 tahun ini merupakan pelatih kiper yang memiliki lisensi B Goalkeeper UEFA. Sebelumnya ia juga merupakan seorang penjaga gawang yang pernah berkarir di Solihull Moors (Inggris), Rushal Olympic (Inggris), dan Samut Prakan (Thailand).

Sementara dalam kariernya di pelatih kiper, Rory Grand pernah menangani True Bangkok United Thailand (2015-2018), Kerala Blasters India (2018-2019), dan Preah Khan Reach Svay Rieng Kamboja (2019-2021).

Saat di Bangkok United, Rory pernah mengantarkan beberapa penjaga gawang tersebut bersinar, seperti Supanot Suadsong dan Varuth Wongsomak yang debut di timnas Thailand U-19, Sumethee Khokpho yang debut di timnas Thailand U-21, Anusith Termee yang dipanggil timnas Thailand U-23, serta Micheal Falkesgaard yang debut di timnas Filipina.

Baca Juga:

Ditahan RANS Nusantara, Pemain PSIS Hilang Fokus

Ciro Alves dan Ricky Kambuaya Absen, Persib Tanpa Kekuatan Penuh Lawan Bhayangkara FC

Sedangkan saat di Kerala Blasters India, ia berhasil mengantarkan Dheeraj Singh debut di timnas India U-23. Terakhir, saat di Kamboja, ia berhasil menjadi juara Liga Kamboja pada tahun 2019, dan mengantarkan anak asuhnya, yakni Aim Sovannarath menjadi kiper terbaik.

“Rory kami rekrut karena pengalamannya. Ia merupakan pelatih kiper yang sering menciptakan penjaga gawang bersinar dan bisa bermain di timnas. Ini tentu bagus untuk PSIS, karena di PSIS banyak kiper muda, dan kami berharap Rory dapat menggembleng kiper-kiper muda kami supaya jadi lebih baik dan matang kedepannya,” kata CEO PSIS, Yoyok Sukawi, Senin (25/7).

Dengan datangnya Rory, pelatih kiper I Komang Putra akan naik menjadi asisten pelatih untuk membantu pelatih kepala Sergio Alexandre dan asisten pelatih Achmad Resal dalam membangun tim di Liga 1 2022/2023.

Coach Komang akan naik jadi asisten pelatih. Ini supaya tim PSIS semakin matang dan komplet,” tutup Yoyok. (Laporan Kontributor Ahmad Rizal/Semarang)