PSSI dan PT LIB Anggarkan Rp84 Miliar untuk VAR di Liga 1

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 30 Oktober 2021
PSSI dan PT LIB Anggarkan Rp84 Miliar untuk VAR di Liga 1
Dirut PT LIB, Akhmad Hadian Lukita dan Dirop, Sudjarno. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com - Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, mengungkapkan butuh 6 juta dolar AS atau setara Rp84 miliar untuk membeli satu set peralatan VAR (video assistant referee, video asisten wasit) beserta jasa pelatihannya.

Nantinya, penerapan VAR bisa berpindah-pindah dari satu stadion ke stadion yang lainnya. Jadi bisa digunakan dalam 9 laga per pekan. Namun, VAR bisa saja diprioritaskan untuk laga-laga yang sekiranya sangat membutuhkan tekhnologi sepak bola modern tersebut.

"Hitungan kasarnya, satu VAR itu mencapai 6 juta dolar AS. Itu nanti penggunaannya bisa pindah-pindah dari satu stadion ke stadion lain. Untuk tahap awal, kami akan membeli satu set VAR. Kalau nanti kompetisi kembali ke format semula, kandang dan tandang, kami harus membuat klaster VAR agar tidak jauh perpindahannya," ucap Akhmad Hadian Lukita kepada wartawan di Kantor PT LIB, Menara Mandiri, Jakarta Selatan, Jumat (29/10).

"Saya maunya penggunaan VAR untuk semua partai Liga 1. Namun nantinya, kami akan tempatkan VAR di laga-laga yang sekiranya membutuhkan VAR."

Baca Juga:

Kabar Gembira, Liga 1 Akan Dihadiri Penonton pada Akhir November

Kemenko Marves: Prokes Liga 1 Jadi Acuan Cabor Lain

"Polanya nanti memakai mobile sistem. Nanti VAR-nya pakai truk kontainer. Jadi bisa kami pindah-pindahkan dari satu laga ke laga lain. Jadi untuk sembilan partai, kami bisa gunakan tiga set VAR misalnya," tambah pria yang karib dipanggil Lulu itu.

Rencananya, penerapan VAR baru bisa dilakukan pada Liga 1 musim depan. Namun, PT LIB merencanakan uji cobanya pada akhir musim Liga 1 2021/2022.

"Saya berharap akhir musim ini kami dapat melakukan uji coba. Jadi kami memiliki program percepatan. Seorang konsultan VAR sudah datang ke PT LIB agar kami bisa ikut program percepatan dengan mendatangkan pengajarnya. Saya mau seluruh wasit ikut pelatihan dan seleksi agar dapat memegang lisensi VAR," tutur Akhmad Hadian Lukita.

Akhmad Hadian Lukita PT LIB PT Liga Indonesia Baru Pssi Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.031

Bagikan