BolaSkor.com - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, mengaku sudah memiliki rencana untuk menggelar kembali kompetisi Liga 1 2020. Salah satu rencana tersebut ialah tim-tim yang berasal dari luar Pulau Jawa akan bertanding dan terpusat di Yogyakarta.

Pria yang kerap disapa Iwan Bule tersebut juga sudah melakukan komunikasi dengan beberapa tim dari luar Pulau Jawa. Ia pun mengklaim bahwa beberapa tim sudah setuju dengan wacana tersebut, bahkan Iriawan sudah majalin komunikasi dengan beberapa pihak agar rencana ini terwujud.

"Itu rencananya memang ke sana (Yogyakarta). Beberapa klub (luar Pulau Jawa) sudah setuju," ungkap Iriawan saat ditemui di Kantor PSSI.

Baca Juga:

Kompetisi Lanjut Oktober, Ini Penjelasan PSSI soal Gaji Pemain dan Pelatih

Keluarkan Surat Keputusan, PSSI Berharap Awal Oktober Kompetisi Sudah Bergulir

"Tapi akan kita komunikasikan karena berkaitan dengan transportasi, seperti dari Papua sekarang masih minim. Mudah-mudahan 2-3 bulan penerbangan sudah menggeliat kembali."

"Ya, mungkin nanti di Yogyakarta. Saat ini kami juga sedang berkomunikasi dengan beberapa pemilik hotel di sana yang bersedia membantu kelancaran kompetisi," tambah Iwan Bule.

Iwan Bule itu menjelaskan, rencana ini hanya untuk Liga 1, tidak bagi Liga 2. Karena Liga 2 nantinya akan menggunakan pembagian grup kembali dan kemungkinan besar akan digelar dengan sistem home tournament.

"Kalau sebagian besar kontestan kompetisi top-flight Indonesia itu berasal dari Jawa. Ini tentu akan memudahkan dalam hal transportasi karena nantinya bisa menggunakan jalur darat, seperti Surabaya, Bandung, Jakarta dan Semarang. Jadi cukup efisien," pungkasnya.

Seperti diketahui, PSSI telah memastikan Liga 1 2020 bakal restart bulan Oktober nanti. Meski begitu, PSSI sendiri belum mengumumkan tanggal pasti kick-off lanjutan Liga 1 2020.