PSSI Tindak Lanjuti Persoalan Wasit di Awal Liga 1 2021/2022

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Senin, 30 Agustus 2021
PSSI Tindak Lanjuti Persoalan Wasit di Awal Liga 1 2021/2022
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (PSSI)

BolaSkor.com - Kompetisi Liga 1 2021/2022 memang sudah dilangsungkan sejak 27 Agustus 2021 lalu. PT Liga Indonesia Baru (LIB) menetapkan tiga pertandingan terlebih dahulu sebagai bahan evaluasi dari Polri dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dari tiga laga tersebut, PT LIB terbilang sukses menggelar kompetisi. Protokol kesehatan dijalankan dengan baik, dan dari pertandingan tersebut, tidak ada suporter yang datang ke stadion untuk menyaksikan langsung kompetisi.

Namun suksesnya tiga laga awal tersebut ada saja yang menjadi catatan, salah satunya adalah kinerja wasit. Dari tiga laga yang berlangsung, keputusan-keputusan wasit beberapa kali menimbulkan kontroversial.

Salah satu keputusan kontroversial wasit terjadi pada pertandingan pertama Liga 1 2021/2022 antara Bali United vs Persik Kediri di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (27/8).

Baca Juga:

Liga 1 2021/2022 Resmi Bergulir, Bali United Tekuk Persik Kediri

Pelatih Persita Tak Pandang Persipura seperti Uji Coba

Pada pertandingan tersebut, Persik mendapatkan hadiah tendangan penalti yang tidak bisa diselesaikan oleh Youssef Ezzejjari. Namun jika melihat tayangan ulang, penalti tersebut seharusnya tidak sah dan harus diulang.

Pasalnya bek Bali United, Willian Pacheco, sudah masuk ke dalam kotak penalti sebelum Youssef Ezzejjari menendang bola. Lalu, kiper Wawan Hendrawan terpantau tidak menginjak garis sebelum bola ditendang oleh Youssef Ezzejari.

Keputusan wasit yang juga jadi pertanyaan terjadi pada pertandingan Persipura melawan Persita. Fariq Hitaba yang memimpin pertandingan tersebut menganulir gol Persita yang dilesatkan Ahmad Nur Hardianto karena dianggap offside. Padahal posisi Ahmad Nur itu terlihat tidak offside.

Sang pengadil lapangan juga menganulir gol yang dilesatkan striker Persipura, Yevhen Bokhasvili. Terlihat Yevhen Bokhasvili mencoba mendekati kiper Persita Tangerang, Tri Hamdani, saat ingin melakukan tendangan.

Tri Hamdani yang merasa terganggu urung menendang bola dan langsung dilanjutkan oleh Yevhen Bokhasvili untuk mencetak gol ke gawang Persita Tangerang.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan langsung bereaksi terkait keputusan kontroversial tersebut. Ia mengaku dalam waktu dekat pihaknya segera melakukan investigasi terhadap masalah ini.

"Yang jelas saya sudah berdiskusi internal dan kami akan melakukan investigasi sesuai dengan aturan yang ada. Nanti hasilnya sesuai dengan aturan FIFA dan akan kami sampaikan. Kami mengacu ke aturan FIFA, AFC, dan AFF," kata Iriawan dalam konferensi pers virtual.

Belum diketahui, kapan investigasi mulai dilakukan. PSSI akan segera mengumumkannya jika sudah dilakukan. "Tunggu saja investigasi akan dilakukan," pungkas lelaki yang akrab disapa Iwan Bule

Pssi PT LIB PT Liga Indonesia Baru Liga 1 Mochamad Iriawan Breaking News
Posts

4.871

Bagikan