BolaSkor.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) membenarkan bahwa lisensi kepelatihan Sudirman memenuhi syarat untuk menjadi pelatih di Liga 1 musim ini. Sudirman baru saja ditunjuk oleh manajemen Persija Jakarta sebagai pengganti Angelo Alessio yang dipecat.

Menurut Manajer Kompetisi LIB, Asep Saputra, ada pasal tambahan yang dikeluarkan pada September tahun lalu terkait syarat minimal lisensi pelatih kepala di Liga 1.

Sebelumnya, pelatih kepala di Liga 1 harus berlisensi AFC Pro atau setara. Sementara saat ini diturunkan menjadi AFC A atau setingkat lainnya.

Baca Juga:

Persija Tunjuk Sudirman sebagai Pengganti Angelo Alessio

4 Pelatih yang Layak Jadi Pengganti Angelo Alessio di Persija

Dengan demikian, Sudirman yang saat ini berlisensi A AFC tidak memiliki kendala untuk menangani Marko Simic dkk. di sisa kompetisi musim ini.

"Betul. Pada 2 September 2021, ada sirkular dari PSSI terkait adendum regulasi Liga 1 tentang pendaftaran ofisial, salah satunya terkait lisensi pelatih kepala menjadi sekurang-kurangnya AFC 'A' coaching, UEFA 'A' license atau yang setara yang mendapat pengakuan AFC lewat bukti RECC (Recognition of Experience and Current Competence)," kata Asep Saputra kepada BolaSkor.com, Rabu (19/1) siang WIB.

Sebelumnya, Presiden Persija, Mohamad Prapanca, memastikan bahwa penunjukkan Sudirman sebagai pelatih sudah tidak terkendala regulasi.

"Atas dasar itulah kami memberikan kepercayaan kepada Sudirman," ujar Prapanca.