BolaSkor.com - Tanggal kick off lanjutan Liga 1 2022/2023 masih diliputi tanda tanya meski PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) bersama PSSI telah menggelar rapat koordinasi atau rakor persiapan pengamanan kompetisi yang dilaksanakan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (29/11). Sebelumnya, kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air akan digelar kembali mulai 2 Desember.

Belum adanya kepastian terkait tanggal dimulainya Liga 1 disebabkan PT LIB sedang menunggu hasil verifikasi yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) terhadap Stadion Sultan Agung (Bantul) dan Stadion Moch Soebroto (Magelang).

Dua stadion itu disiapkan menjadi venue pertandingan pekan ke-12 sampai 17 Liga 1 yang digelar dengan sistem bubble atau terpusat di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Total ada lima stadion yang disiapkan PT LIB dan PSSI di kedua wilayah tersebut. Tiga stadion lainnya adalah Jatidiri (Semarang), Manahan (Solo) dan Maguwoharjo (Sleman).

"Kita tidak bisa bicara kick off tanggal 2 [Desember], tanggal 3 dan seterusnya karena tahapan untuk melakukan verifikasi itu harus kita lalui, apalagi ada beberapa stadion yang selama ini belum disurvei pihak PUPR seperti di Sultan Agung (Bantul) dan Moch Soebroto (Magelang). Jadi tunggu itu, baru mungkin dalam beberapa saat ke depan kita akan tahu kapan bisa kick off," kata Ferry Paulus.

Ferry optimistis proses verifikasi ini tidak akan memakan waktu lama. Sebab, hanya Stadion Sultan Agung dan Moch Soebroto yang belum diperiksa oleh PUPR.

Baca Juga:

Kementerian PUPR Pastikan Stadion Kanjuruhan Pakai Single Seat

Arema FC Bubarkan Tim Junior di Tengah Ketidakjelasan Kompetisi EPA U-20

Setelah pemerikaaan pihak PUPR terhadap dua stadion tersebut rampung, maka akan kembali diadakan rakor dengan Polri. Baru dari situlah diperkirakan Polri akan memberikan izin penyelenggaraan lanjutan Liga 1.

"Ada beberapa hal yang harus kita kerjakan dalam beberapa hari ke depan, utamanya adalah kepolisian dengan PUPR dan Kemenkes (Kementerian Kesehatan) yang akan melalukan verifikasi tentang beberapa tahapan tentang Perpol (Peraturan Kepolisian) nomor 10 Tahun 2022," ujar Ferry.

"Kemudian nanti akan ada kepastian kick off. Kita harus melewati tahapan-tahapan tadi, apalagi ini implementasi pertama yang selama ini belum ada peraturan polisi yang baru."

"Kalau melihat tahapan-tahapan tadi yang dipresentasikan kemudian antusias dari kepolisian untuk mengejar dari rencana kick off kita rasanya sangat dimungkinkan untuk dilaksanakan bulan Desember ini. Tinggal tanggalnya yang belum bisa kita pastikan," tutur mantan Direktur Olahraga Persija Jakarta tersebut.

Sementara itu, Karobinops Sops Polri, Brigjen Pol Roma Hutajulu, menjelaskan bahwa pertemuan dengan PSSI, PT LIB, KemenPUPR, dan Kemenkes, merupakan bagian dari upaya kepolisian mensosialisasikan Perpol Nomor 10 Tahun 2022 tentang pengamanan pertandingan olahraga.

Jika semua pihak bisa memenuhi syarat yang tertuang dari peraturan kepolisian yang baru itu, maka Polri akan menerbitkan izin supaya Liga 1 dapat kembali digulirkan.

"Dari situ akan ada persyaratan dan segala sesuatu yang harus dipenuhi. Kemudian tim teknis juga sudah mulai bekerja mulai besok berdasarkan tadi jadwal-jadwal yang sudah diberikan pihak LIB kepada kami," jelas Roma.