PT LIB: Liga 1 Musim Depan Akan Gunakan VAR

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 30 Oktober 2021
PT LIB: Liga 1 Musim Depan Akan Gunakan VAR
Dirut PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com - Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, mengatakan PSSI dan PT LIB berencana akan menerapkan VAR (video assistant referee, video asisten wasit) pada Liga 1 musim depan. Namun, uji coba penggunaan VAR akan dilakukan pada akhir musim Liga 1 2021/2022.

"Saya bersama PSSI telah membicarakan terkait VAR ini sejak 2020. Namun, sempat terhenti karena pandemi dan kami mulai lagi sekarang. Kami sudah mulai berdiskusi dengan PSSI soal VAR. Kami akan menggunakan VAR untuk musim depan," kata Akhmad Hadian Lukita kepada wartawan di Kantor PT LIB, Menara Mandiri, Jakarta Selatan, Jumat (29/10).

"Ketua PSSI, Mochamad Iriawan sudah bilang, mau tidak mau harus memakai VAR. Nantinya, akan dibentuk tim oleh PSSI dan PT LIB. Saya juga bakal buat tim Ad hoc dalam waktu dekat. Saya berharap akhir musim ini kami dapat melakukan uji coba," tutur pria asal Bandung, Jawa Barat itu.

Akhmad Hadian Lukita sadar penggunaan VAR tidak semudah membalikan telapak tangan. Ada beberapa pendukung seperti infrastruktur stadion hingga wasit yang sudah terlatih VAR dan berlisensi.

Baca Juga:

Kabar Gembira, Liga 1 Akan Dihadiri Penonton pada Akhir November

Kemenko Marves: Prokes Liga 1 Jadi Acuan Cabor Lain

"Jadi kami memiliki program percepatan. Seorang konsultan VAR sudah datang ke PT LIB agar kami bisa ikut program percepatan dengan mendatangkan pengajarnya. Saya mau seluruh wasit ikut pelatihan dan seleksi agar dapat memegang lisensi VAR," jelas Lukita.

Untuk itu, PSSI dan PT LIB akan merogoh kocek dalam sebesar 6 juta dolar AS atau setara dengan Rp84 miliar untuk memboyong peralatan VAR.

"Itu lebih efisien. Peralatannya nanti akan kami beli dan dites. Saat uji coba nanti pada akhir musim Liga 1, kami bakal didampingi. Sebab, tidak semua bisa diputuskan oleh VAR. Mungkin hanya penalti dan kartu merah," imbuhnya.

VAR
VAR di Liga Champions. (UEFA)

Keputusan Wasit Kontroversi

Penggunaan VAR tentu tak terlepas dari keputusan wasit yang kontroversi di Liga 1. Sampai pekan ke-9, ada sembilan keputusan kontroversi dari wasit.

Salah satunya wasit Iwan Sukoco disorot dalam laga tersebut. Iwan Sukoco mengeluarkan kartu merah tidak langsung untuk pemain Persita Irsyad Maulana, yang dianggap melakukan diving di daerah pertahanan Borneo, pada menit ke-44.

Padahal, dalam tayangan ulang, Irsyad Maulana sejatinya benar-benar dilanggar. Nuriddin Davronov yang melakukan tekel pun mengisyaratkan bahwa dia benar melanggar Irsyad.

Lalu wasit Oki Dwi Putra. Ia tak memberikan hadiah penalti saat pemain Persija, Rio Fahmi dijatuhkan pemain Arema FC, Muhammad Rafli. Padahal dalam tayangan ulan, jelas M Rafli melangar Rio Fahmi dari belakang.

Akhmad Hadian Lukita PT LIB PT Liga Indonesia Baru Liga 1 Pssi Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.029

Bagikan