Ratu Elizabeth II dan Sepak Bola Inggris

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 09 September 2022
Ratu Elizabeth II dan Sepak Bola Inggris
Ratu Elizabeth II di Piala Dunia 1966 (Twitter)

BolaSkor.com - Kabar duka datang dari Inggris mengenai wafatnya sang ratu, Ratu Elizabeth II, pada usia 96 tahun. Ratu Elizabeth meninggal setelah 70 tahun memimpin Inggris dan kabar itu dikonfirmasi dari pernyataan Buckingham Palace.

"Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini. Raja dan Permaisuri akan tetap di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok," demikian pernyataan yang diberikan dari Buckingham Palace.

Pangeran Charles yang merupakan putra sulung Ratu Elizabeth II kini menjadi Raja Charles III, menggantikan ibunya dalam memimpin Inggris.

Baca Juga:

Resmi, Chelsea Tunjuk Graham Potter sebagai Suksesor Thomas Tuchel

Berlabuh ke Chelsea, Graham Potter Ajukan Permintaan

Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Sepak Bola Berduka

"Kami sangat berduka atas meninggalnya Penguasa yang disayangi dan Ibu yang sangat dicintai. Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri, Realms dan Commonwealth, dan oleh banyak orang di seluruh dunia," ucap Raja Charles III.

Dalam kurun waktu 70 tahun berkuasa di Inggris, Ratu Elizabeth II sudah terlibat di hampir semua budaya Inggris dan salah satunya yang dikenal dunia adalah sepak bola. The Beautiful Game. Begitulah sepak bola dipandang di Inggris.

Dalam sejarahnya Ratu Elizabeth II juga berada di momen terbesar sejarah sepak bola Inggris, dari momen di Piala Dunia 1966 hingga kabar klub-klub favorit Ratu Elizabeth II. Berikut beberapa momen Ratu Elizabeth II dengan sepak bola di Inggris.

1. Piala Dunia 1966

Piala Dunia 1966 masih jadi satu-satunya titel Piala Dunia yang dimenangi timnas Inggris sampai saat ini, plus pada saat itu Inggris bermain sebagai tuan rumah. Pada momen itu juga tepat 13 tahun penunjukkan Ratu Elizabeth II sebagai Ratu Inggris.

Di Wembley, Ratu Elizabeth II mempersembahkan trofi Jules Rimet kepada Bobby Moore dkk. Pada 2020 Ratu Elizabeth II mengenang momen kala memberikan trofi Piala Dunia kepada timnas Inggris.

"Lima puluh lima tahun yang lalu saya beruntung mempersembahkan Piala Dunia kepada Bobby Moore dan melihat apa artinya bagi para pemain, manajemen, dan staf pendukung untuk mencapai dan memenangkan final turnamen sepak bola internasional besar," tulis Ratu Elizabeth II dalam pesan yang ditulisnya.

"Saya ingin menyampaikan ucapan selamat saya dan keluarga saya kepada Anda semua karena mencapai final Kejuaraan Eropa, dan mengirimkan harapan baik saya untuk besok dengan harapan bahwa sejarah tidak hanya akan mencatat kesuksesan Anda, tetapi juga semangat, komitmen, dan kebanggaan yang telah Anda lakukan sendiri."

2. Suporter West Ham United?

Tidak seperti keluarga kerajaan lainnya, Ratu Elizabeth II tidak pernah secara publik mengungkapkan tim sepak bola mana yang didukungnya.

Kendati demikian rumor tetap ada dan kabarnya, Ratu Elizabeth II fans West Ham United, klub dari London yang memang terkenal memiliki fans-fans selebritis.

Seperti dilaporkan The Mirror pada 2009, sang ratu seyogyanya mengungkapkan cinta rahasianya kepada West Ham, ketika seorang keluarganya juga menuturkan apabila ia pendukung Millwall. Ada kabar juga Ratu Elizabeth II fans Arsenal.

3. Memberi Penghargaan kepada Figur Sepak Bola

Salah satu peran paling penting dari Ratu Elizabeth II untuk budaya di Inggris adalah melihat kontribusi dari figur-figur sepak bola, pada penghargaan di Tahun Baru dan juga hari ulang tahun ratu.

Sir Stanley Matthews merupakan pemain pertama yang menerima gelar ksatria, diikuti dengan figur-figur sepak bola besar seperti Alf Ramsey, Alex Ferguson, dan Bobby Robson pada tahun-tahun berikutnya.

Cukup banyak pesepak bola yang menerima gelar kehormatan seperti OBE, MBE, dan CBE, seperti Roy Hodgson, David Beckham, dan yang paling terbaru Gareth Bale.

4. Pembukaan Emirates Stadium

Ratu Elizabeth II sedianya sudah dijadwakan hadir pada pembukaan stadion baru Arsenal, Emirates Stadium, pada 2007, namun masalah pada punggungnya membatalkan rencana tersebut.

Untuk menebusnya, skuad utama Arsenal diundang ke Buckingham Palace. Tim arahan Arsene Wenger dijamu dengan tur di dalam Buckingham Palace dan kemudian ikut jamuan bersama.

"Itu berjalan dengan sangat baik. Saya tidak punya kata-kata untuk menggambarkan pengalaman yang telah diberikan Ratu kepada kami," ucap kapten Arsenal, Thierry Henry.

5. Piala FA

Pada tahun-tahun awal menjadi Ratu Inggris, Elizabeth II masih sering terlihat di final Piala FA dan ia punya pekerjaan penting, seperti Piala Dunia 1966, dalam memberikan trofi kepada kapten tim juara di final yang dihelat di Wembley.

Ratu Elizabeth II juga hadir untuk menghibur tim yang kalah di final dan memberikan kata-kata pendukung. Kendati tidak selalu hadir di final Piala FA, bagi mereka yang berkesempatan menerima langsung trofi dari Elizabeth II, itu jadi kenangan paling berharga.

6. Timnas Putri Inggris

Kala timnas putri Inggris mengakhiri penantian selama hampir 60 tahun dan memenangi Piala Eropa 2022, Ratu Elizabeth langsung menuliskan pesan menyentuh untuk Lionesses.

"Selamat saya yang terhangat, dan keluarga saya, untuk Anda semua karena memenangkan Piala Eropa Putri," tulis Ratu Elizabeth II.

"Ini adalah pencapaian yang signifikan bagi seluruh tim, termasuk staf pendukung Anda. Kejuaraan dan penampilan Anda di dalamnya patut mendapat pujian."

"Namun, kesuksesan Anda jauh melampaui trofi yang pantas Anda dapatkan. Anda semua telah memberikan contoh yang akan menjadi inspirasi bagi anak perempuan dan perempuan hari ini, dan untuk generasi mendatang."

"Ini adalah harapan saya bahwa Anda akan bangga dengan dampak yang Anda miliki pada olahraga Anda seperti hasil Anda hari ini."

Trivia Sepak Bola Inggris Timnas Inggris
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.229

Bagikan