BolaSkor.com - Bursa transfer musim panas Eropa sedang berlangsung hingga 5 Oktober mendatang. Hampir semua klub berlomba-lomba mendapatkan pemain incarannya.

Meski begitu, tak semua klub bisa memanfaatkan bursa transfer kali ini dengan maksimal. Kekuatan finansial mayoritas klub terganggu efek pandemi virus corona.

Hal itu bisa dilihat dari pergerakan dua raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid. Kedua klub yang gemar mendatangkan bintang masih terlihat adem ayem.

Baca Juga:

Juventus Capai Kesepakatan Personal dengan Luis Suarez

Ditawari Sergio Reguilon, Manchester United Masih Pikir-pikir

Usai Transfer Sandro Tonali Rampung, AC Milan Ingin Balikan dengan Mantan

Barcelona tercatat baru mendatangkan Miralem Pjanic dengan biaya sekitar 60 juta euro. Mereka juga turut menyertakan Arthur Melo dalam transfer ini.

Selain Pjanic, Barcelona juga mendapat tenaga tambahan dalam diri Philippe Coutinho. Pemain berkebangsaan Brasil itu baru kembali dari masa peminjaman di Bayern Munchen.

Sementara Madrid belum mendatangkan satu pun bintang di bursa transfer kali ini. Los Blancos lebih sibuk melepas pemainnya seperti Achraf Hakimi (Inter Milan), Dani Ceballos (Arsenal), dan Brahim Diaz (AC Milan).

Selain tiga pemain itu, Madrid juga coba menjual James Rodriguez, dan Gareth Bale. Keduanya sudah tidak masuk dalam rencana Zinedine Zidane.

Hal tak jauh berbeda terjadi di Italia. Juventus yang berstatus raja Serie A terkesan pasif di bursa transfer.

Sejauh ini, Bianconeri baru meresmikan kedatangan Arthur Melo dan Weston McKennie dengan biaya yang relatif kecil. Mereka kalah aktif dari Inter Milan dan Napoli yang rela mengeluarkan dana besar untuk memboyong Achraf Hakimi dan Victor Osimhen.

Victor Osimhen

Inter memboyong Hakimi dari Madrid dengan biaya sekitar 40 juta euro. Sementara Napoli rela memecahkan rekor transfer klub untuk memboyong Osimhen dari Lille dengan biaya 60 juta euro.

Hal berbeda terjadi di Premier League. Efek pandemi virus corona nampak tak terlalu mempengaruhi keuangan klub-klub Inggris.

Chelsea menjadi yang paling aktif dengan mendatangkan lima pemain berkategori bintang. Kelimanya yaitu Kai Havertz, Hakim Ziyech, Timo Werner, Thiago Silva, Ben Chilwell.

Chelsea total mengeluarkan uang lebih dari 200 juta poundsterling untuk mendapatkan lima pemain tersebut. Kai Havertz menjadi yang termahal dengan nilai sekitar 72 poundsterling.

Selain Chelsea, anggota the Big Six lain juga sudah mendatangkan minimal satu pemain baru. Hal ini tentu akan membuat persaingan di musim 2020-2021 kian sengit.


Rekap transfer resmi musim panas 2020, per Senin (7/9) WIB:

Premier League

Chelsea: Kai Havertz, Hakim Ziyech, Timo Werner, Thiago Silva, Ben Chilwell, Malang Sarr

Arsenal: Willian, Gabriel Magalhaes

Manchester United : Donny van de Beek

Manchester City: Ferran Torres, Nathan Ake

Liverpool: Konstantinos Tsimikas

Tottenham Hotspur: Joe Hart, Pierre-Emile Hojbjerg


LaLiga

Real Madrid: -

Barcelona: Miralem Pjanic

Real Sociedad: David Silva


Serie A

Inter Milan: Achraf Hakimi

Juventus: Arthur Melo, Weston McKennie

AC Milan: Brahim Diaz

AS Roma: Pedro Rodriguez

Napoli: Victor Osimhen

Atalanta: Aleskey Miranchuk, Simone Muratore


Bundesliga:

Bayern Munchen: Leroy Sane, Tanguy Nianzou

Borussia Dortmund: Jude Bellingham, Thomas Meunier