BolaSkor.com - Satu gol Lionel Messi memang tidak mampu membawa Barcelona mengalahkan Valencia dalam lanjutan LaLiga 2020-2021. Namun torehan itu membuatnya menyamai rekor langka milik legenda Brasil, Pele.

Bermain di Camp Nou, Sabtu (19/12), Barcelona harus puas berbagi poin dengan sang tamu. Valencia mampu memaksa laga berakhir imbang 2-2.

Messi mencetak gol melalui sundulan pada injury time babak pertama setelah eksekusi penaltinya sempat gagal. Aksi tersebut membuat kedudukan imbang 1-1 setelah Mouctar Diakhaby membawa tim tamu memimpin lebih dulu.

Baca Juga:

Barcelona 2-2 Valencia: Drama di Camp Nou, Lionel Messi Samai Rekor Pele

Bikin Tim Impian, Ibrahimovic Tak Biarkan Messi Jadi Algojo Penalti

Lionel Messi Bantu Perkembangan Karier Cristiano Ronaldo

Lionel Messi dan Pele

Itu merupakan gol ke-643 Messi dengan seragam Barcelona. Jumlah tersebut sama dengan yang dicetak Pele bersama Santos sebagai pemegang rekor top skorer sepanjang masa bersama satu klub.

Messi hanya butuh tambahan satu gol lagi untuk menggeser rekor Pele yang sudah bertahan hampir satu abad. Hal ini kian menunjukkan reputasi La Pulga sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Meski rekornya belum sepenuhnya dipecahkan, Pele tak ragu memberikan ucapan selamat kepada Messi. Pria bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento tersebut juga memuji kesetiaannya terhadap Barcelona.

"Ketika hati Anda dipenuhi dengan cinta, sulit untuk mengubah jalan. Seperti anda, saya tahu bagaimana rasanya memakai seragam yang sama setiap hari," tulis Pele di Instagram.

"Seperti anda, saya tahu bahwa tidak ada yang lebih baik dari pada tempat kita merasa seperti di rumah sendiri. Selamat atas rekor bersejarah anda, Lionel, tapi yang terpenting, selamat atas karier indah anda di Barcelona."

Di era sepak bola modern seperti saat ini, sudah jarang ditemui pemain yang setia kepada satu klub saja. Hal ini jugalah yang membuat rekor Pele sulit terpecahkan.

Namun Messi mampu menjadi pembeda. Ia membuktikan kesetiaannya bersama Barcelona meski godaan dari tim besar lain datang silih berganti.

"Cerita seperti kita, tentang mencintai klub yang sama begitu lama, sayangnya akan semakin jarang di sepak bola. Aku sangat mengagumimu, @leomessi," tambahnya.

Ironisnya, musim ini bisa menjadi kali terakhir Messi berseragam Barcelona. Pemain berusia 33 tahun itu sudah membulatkan hengkang untuk pergi begitu kontraknya selesai pada musim panas tahun depan.