BolaSkor.com - Diogo Dalot tampil sebagai bintang kemenangan Timnas Portugal saat bertandang ke markas Republik Ceko dalam lanjutan UEFA Nations League. Bek kanan Manchester United itu benar-benar on fire.

Dalam lanjutan laga grup 2 League A di Fortuna Arena, Minggu (25/9) dini hari WIB, Portugal menghancurkan Ceko dengan skor telak 4-0. Dalot mencetak dua gol di antaranya.

Laga kontra Ceko menjadi debut Dalot di ajang UEFA Nations League. Sebelumnya pos bek kanan selalu menjadi milik Joao Cancelo.

Baca Juga:

Hasil UEFA Nations League: Portugal Pesta Gol, Spanyol Tumbang

Target Cristiano Ronaldo: Piala Dunia 2022 dan Piala Eropa 2024

5 Laga Seru yang Dapat Dinikmati di Jeda Internasional September

Cancelo sendiri harus absen dalam pertandingan ini. Pemain Manchester City itu terpaksa menjalani sanksi akumulasi kartu.

Pelatih Portugal, Fernando Santos memberi kesempatan kepada Dalot untuk tampil sebagai starter. Kesempatan itu dimanfaatkan pemain berusia 23 tahun tersebut dengan maksimal.

Dalot membuka keunggulan Portugal pada menit ke-33. Ia menyelesaikan skema serangan yang tersusun rapi.

Gol tersebut punya makna istimewa bagi Dalot. Itu merupakan kali pertama dirinya membobol gawang lawan dengan seragam timnas senior Portugal.

Dalot kemudian mencetak gol keduanya dengan cara tak biasa pada awal babak kedua. Ia melepaskan tembakan keras jarak jauh yang akurat.

Kontribusi Dalot juga terlihat dalam statistik lain. Persentase dribel dan tekelnya menyentuh angka 100 persen dengan melakukan 78 sentuhan serta 49 operan sukses.

“Ini adalah perasaan yang luar biasa karena mencetak gol untuk pertama kalinya di tim utama. Namun saya pikir yang paling penting adalah cara kami bermain," kata Dalot di situs resmi UEFA.

"Kami memulai dengan sangat baik, menjaga bola dan mencetak gol. Saya pikir itu adalah permainan yang fantastis dari semua pemain.”

"Saya tidak bisa mencetak gol sendiri, semua orang melakukan pekerjaan dengan baik selama sembilan puluh menit. Saya pikir kami bisa pulang dengan senang dengan penampilan ini.”

Performa yang ditunjukkan kontra Ceko membuat Dalot layak dipertimbangkan menjadi bek kanan utama Portugal di Piala Dunia 2022. Ia bisa menjadi opsi lain jika Cancelo digeser ke sisi kiri seperti di Manchester City.