BolaSkor.com - Tekanan besar mengarah ke Jose Wilkson Teixeira Rocha, bomber anyar Persebaya Surabaya. Kehadirannya diharapkan menjadi jawaban dari seretnya barisan penyerang Persebaya mencetak gol ke gawang lawan. Pemain 29 tahun itu dibandingkan dengan mantan bintang klub tersebut, David Aparecido da Silva.

Sebelumnya, dari 5 pertandingan Piala Menpora 2021 lalu Persebaya sukses mencetak 6 gol. Sekilas seperti tidak ada masalah. Akan tetapi, dari keenam gol itu, dua dicetak pemain belakang, dua gol dari gelandang dan sisanya diborong striker lokal Samsul Arif. Hanya saja, gol yang dicetak Samsul semuanya dari titik penalti. Artinya, belum teruji betul ketajaman striker Bajol Ijo.

Hal ini membuat Persebaya jadi rindu sosok David da Silva yang selama bergabung selalu menjadi sumber gol. Selama membela tim asal Kota Pahlawan ini, David da Silva sukses mencetak 35 gol dari 42 laga. Dia menjadi pemain asing pencetak gol terbanyak kedua sepanjang masa Persebaya. Pemain asing tersubur Persebaya adalah Jacksen F. Tiago yang mengemas 42 gol selama dua musim.

Baca Juga:

Arema FC Permanenkan Status Feby Eka Putra dari Persija

Angelo Alessio, Eks Tangan Kanan Conte yang Didepak Sebelum ke Persija

Mengharap Jose Wilkson seperti David da Silva sepertinya tidak akan mudah. Kendati demikian, ada kemiripan ketika keduanya datang membela Persebaya. Sama-sama diremehkan. Saat diperkenalkan kepada publik, Bonek menanggap David da Silva sebagai striker yang tidak sesuai harapan lantaran kesehatan matanya diragukan.

Sementara itu, kualitas Jose Wilkson diragukan karena catatan golnya yang minim. Dari penelusuran di situs transfermarkt, penyerang dengan tinggi 190cm itu hanya mencetak 2 gol dan 6 assist dari total 23 pertandingan selama karirnya.

"Saya tahu ini tantangan yang besar. Saya harus bekerja keras di sini. Saya harus mencetak banyak gol. Saya tahu ada David da Silva dulu. Saya menonton videonya. Ketika saya datang ke Persebaya, saya harus melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan David da Silva," sambung Jose Wilkson.

Dia menilai skuad Persebaya memiliki banyak pemain muda cepat dengan kualitas meyakinkan yang akan mempermudah dirinya mengobrak-abrik pertahanan lawan.

"Saya senang, di sini punya banyak pemain muda, tapi sangat cepat, itu bagus untuk di lapangan dengan memainkan permainan yang bagus," beber Jose Wilkson.

Sementara itu, pelatih Persebaya Aji Santoso optimistis striker asal Brasil itu akan bisa berbuat banyak untuk timnya musim ini. Meskipun dia enggan berekspektasi berlebihan pada performa Jose Wilkson. Maupun membandingkan kualitasnya dengan David da Silva.

"Saya tidak bisa membandingkan dulu, karena dia (Jose Wilkson) baru latihan, saya tidak tahu seperti apa. Nanti kita lihat ke depan perkembangan seperti apa. Yang jelas (dari) pengamatan awal dia skillnya cukup bagus," kelit pelatih 51 tahun tersebut.

Apalagi, Aji Santoso meyakini bahwa capaian seorang striker tidak lepas dari dukungan rekan lain di dalam tim, sehingga paling utama dalam satu tim adalah kerja sama tim bukan individu. Karena itu, dia berharap Jose Wilkson bisa lekas beradaptasi dengan cepat bersama Rendi Irwan dkk. agar dapat membawa prestasi bagi Persebaya pada Liga 1 2021-2022.

"Karena ini (prestasi tim) bukan individu, saya tidak menargetkan dia harus cetak gol melebihi David, no, bagi saya tidak penting itu," pungkas Aji. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)