BolaSkor.com - Sejak awal dibentuk pada 1963, Bundesliga menjadi tempat bagi pesepakbola top dan ikonik Eropa, terutamanya pada posisi yang paling mendapatkan sorotan tinggi dari publik: penyerang. Sejarah mencatat 10 top skor sepanjang masa Bundesliga.

Termasuk Robert Lewandowski dan Claudio Pizarro, dua nama yang masih aktif bermain sampai saat ini, berikut 10 nama pemain dalam catatan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Bundesliga:

Baca Juga:

Bayern 5-0 Dortmund: Penampilan Bintang Lima Die Roten di Der Klassiker ke-100

Ketika Dua Pemain Bayern Munchen Mulai Kesal dengan Lesunya Transfer Die Roten

3 Bek Paling Tangguh yang Pernah Dihadapi Robert Lewandowski

1. Gerd Muller (365 gol)

Pemenang empat kali Bundesliga ini menorehkan 365 gol untuk Bayern Munchen dalam 427 laga, dengan catatan 105 menit per golnya. Gerd Muller menempati urutan pertama. Ia membela Bayern pada medio 1964 hingga 1979.

2. Klaus Fischer (268 gol)

Klaus Fischer

19 tahun kariernya dihabiskan di Bundesliga dengan 1860 Munich, Schalke, Koln, dan Bochum. Klaus Fischer setidaknya mencetak 20 gol dalam enam musim. Sosok yang terkenal dengan tendangan saltonya ini juga pernah mencetak empat gol ke gawang Bayern ketika Schalke menang 7-0.

3. Jupp Heynckes (220 gol)

Publik saat ini mengenalnya sebagai mantan pelatih Bayern Munchen. Tapi di masa lalu, Jupp Heynckes merupakan striker tajam yang menorehkan 220 gol dari 369 laga dengan Borussia Monchengladbach dan Hannover. Heynckes merupakan bagian era keemasan Gladbach kala memenangi empat titel Bundesliga pada era 1970-an.

4. Robert Lewandowski (213 gol)

Robert Lewandowski

Hanya tinggal menunggu waktu Robert Lewandowski masuk tiga besar melewati Jupp Heynckes, eks pelatihnya di Bayern. Pada usia 31 tahun, Lewandowski semakin tajam dengan Raksasa Bavaria. Striker asal Polandia sudah mencetak 213 gol dari 297 laga bersama Borussia Dortmund dan Bayern.

5. Manfred Burgsmuller (213 gol)

Striker paling underrated (tidak terlalu disorot) dalam sejarah Bundesliga. Selama lebih dari 30 tahun Mandred Burgsmuller duduk di urutan empat daftar top skor sepanjang masa Bundesliga. Kini, torehan eks Rot-Weiß Essen, Borussia Dortmund, Nuremberg, dan Werder Bremen itu disamai oleh Lewandowski (213 gol).

6. Claudio Pizarro (197 gol)

Pemain asal Peru yang mampu menaklukkan hati fans (tidak ada haters). Claudio Pizarro mencetak 197 gol dari 478 pertandingan dengan catatan 155 menit per golnya. Pada usia 41 tahun, Pizarro masih aktif bermain dengan Werder Bremen saat ini, sebelumnya ia juga pernah memperkuat Bayern Munchen dan Koln.

Berikut keempat nama lainnya yang tercatat dalam sejarah sebagai top skor sepanjang masa Bundesliga:

- Ulf Kirsten (182 gol)
- Stefan Kuntz (179 gol)
- Dieter Muller (177 gol)
- Klaus Allofs (177 gol)