Runtuhnya Mental Raja Penalti Italia, Jorginho

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 13 November 2021
Runtuhnya Mental Raja Penalti Italia, Jorginho
Jorginho terlihat sangat terpukul usai eksekusi penaltinya gagal. (Twitter)

BolaSkor.com - Jorginho memiliki reputasi sebagai salah satu algojo penalti terbaik di Eropa dan dunia. Namun status itu seolah hilang tak berbekas di hadapan Yann Sommer.

Jorginho memang menjadi sorotan pada laga Italia kontra Swiss dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadio Olimpico, Sabtu (13/11) dini hari WIB. Ia menjadi biang kerok kegagalan Gli Azzurri mengamankan poin penuh.

Italia memang ditahan Swiss dengan skor 1-1. Padahal tuan rumah bisa meraih kemenangan andai eksekusi penalti Jorginho di penghujung laga mampu dimaksimalkan dengan baik.

Italia sendiri mendapat hadiah penalti setelah Ulisses Garcia dianggap melanggar Domenico Berardi di kotak terlarang. Wasit harus mengecek VAR sebelum mengeluarkan keputusan ini.

Baca Juga:

Italia Vs Swiss: Misi Balas Dendam Jorginho

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Italia Tertahan, Inggris Berpesta Gol

Timnas Italia Jadi Korban dari Sengitnya Derby della Madonnina

Jorginho yang berstatus sebagai eksekutor utama penalti Italia coba menjalankan tugasnya dengan baik. Sayang, tembakannya melambung tinggi di atas mistar gawang Swiss kawalan Sommer.

Menariknya, ini menjadi kali kedua Jorginho gagal menaklukkan Sommer dari jarak 12 pas. Pada September lalu, teknik uniknya mampu diantisipasi dengan dingin oleh kiper berusia 32 tahun tersebut.

Usai kegagalan pertama itu, Jorginho mengubah teknik penaltinya. Ia pun sukses mencetak dua gol dari titik putih dengan seragam Chelsea.

Kesuksesan itu menjadi modal utama Jorginho untuk menaklukkan Sommer. Namun mentalnya tampak tidak kuat memikul beban tiket putaran final Piala Dunia 2022.

Usai kegagalan itu, Jorginho tampak sangat terpukul. Usaha rekan-rekannya untuk menghibur pemain berdarah Brasil tersebut tak membuahkan hasil.

Pembelaan Mancini

Pelatih Italia, Roberto Mancini menyayangkan kegagalan penalti Jorginho. Namun ia menilai hal ini sudah biasa terjadi.

“Kami gagal mengeksekusi penalti di leg pertama dan satu lagi di leg kedua. Hal-hal ini bisa terjadi,” kata Mancini kepada RAI Sport.

“Jorginho ingin menendangnya dan memang benar dia melakukannya. Dia adalah salah satu pengambil penalti di tim.”

Menarik melihat kekuatan mental Jorginho andai Italia kembali mendapat hadiah penalti di laga selanjutnya. Apakah ia masih berani mengemban tanggung jawab tersebut atau Mancini memberikannya kepada pemain lain.

Jorginho Timnas Italia Kualifikasi Piala Dunia 2022 Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan