Sambut PON Papua 2020, KONI Jabar Lakukan Pelatda Jangka Panjang

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 17 Desember 2019
Sambut PON Papua 2020, KONI Jabar Lakukan Pelatda Jangka Panjang
Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI Jabar 2019 di Grand Aquila Hotel. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - KONI Jabar menunjukkan keseriusannya untuk bisa mengharumkan nama Jawa Barat di PON XX di Papua 2020 mendatang. Pemusatan latihan daerah (Pelatda) jangka panjang menjadi kebutuhan yang mendesak.

Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin, mengatakan pelatda itu rencananya akan digelar secara serentak pada Januari hingga Oktober 2020 mendatang.

"Pada Januari 2020, semua cabor sudah harus melaksanakan pelatda karena kita sudah dapat alokasi dari anggaran perubahan 2019," kata Ahmad seusai pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI Jabar 2019 di Grand Aquila Hotel, Jalan Dr. Djundjunan, Kota Bandung beberapa waktu lalu.

Ahmad mengatakan sebenarnya program pelatda sudah dilakukan sejak Oktober hingga Desember 2019 lalu melalui skema anggaran menggunakan dana hibah APBD perubahan tahun 2019. Namun karena dana hibah APBD Perubahan 2019 baru diterima pada bulan Desember 2019, maka pelaksanaan pelatda PON XX sebagian besar dananya menggunakan dana talangan dari setiap cabang olahraga bersangkutan.

"Saat ini kita sedang hitung dan akan secepatnya melakukan pengembalian dana tersebut ke cabang olahraga. Kalau untuk pelaksanaan pelatda di tahun 2020, kita minta pada bulan Januari 2020 sudah mulai dilakukan cabang olahraga menggunakan dana hibah dari APBD Perubahan 2019. Kita sudah konsultasi dengan inspektorat dan itu memungkinkan," katanya.

Baca Juga:

Nikmati Cuaca Panas, Josh Younger Pimpin Perburuan Gelar di BNI Indonesian Masters 2019

Jelang Tampil di BNI Indonesian Masters 2019, Juara Bertahan Ubah Gaya Main

Dari data yang diperoleh, lanjutnya, kontingen Jabar untuk PON XX/2020 mencapai 1.235 orang. 918 di antaranya merupakan atlet.

"Kalau secara ideal berdasar hasil verifikasi dari Dispora Jabar itu sebesar Rp443 miliar. Kalau secara kondisional tidak memungkinkan, maka kita pun harus menyesuaikannya untuk memenuhi kebutuhan minimal dibantu dengan kolaborasi anggaran dengan kota/kabupaten. Opsi lainnya dengan merasionalisasi jumlah personil kontingen PON XX Jabar. Baik atlet, pelatih, ofisial, hingga tenaga pembantu lain," jelasnya.

RAT KONI Jabar 2019 sendiri diikuti oleh anggota KONI Jabar yang terdiri dari 27 KONI Kota/Kabupaten, 56 cabang olahraga dan 7 badan fungsional yang masing-masing diwakili 3 orang. RAT KONI Jabar 2019 pun dihadiri perwakilan Pemprov Jabar oleh Dispora Jabar, perwakilan Komisi V DPRD Jabar serta Inspektorat Provinsi Jabar yang secara langsung memberikan pemaparan kepada seluruh peserta.

Dari hasil RAT itu, Ahmad mengatakan bahwa KONI Jawa Barat akan menyampaikan rekomendasi bagi pemerintah yang berkaitan dengan upaya mendukung terlaksananya strategi dan pelaksanaan Pelatda PON XX/2020.

"Setelah pelaksanaan RAT selama dua hari, muncul rekomendasi dari anggota untuk disampaikan kepada pemerintah, khususnya terkait bagaimana upaya mendukung kegiatan pelatda PON XX demi kembali meraih gelar juara umum. Ini akan segera klita tindaklanjuti dan disampaikan ke pemerintah," katanya.

Rekomendasi yang muncul terkait dengan kajian potensi dari setiap cabang olah raga yang akan dipertandingkan dan diikuti Jabar di ajang PON XX tahun 2020 di Papua. Termasuj dengan penghitungan kebutuhan anggaran secara mendetail dan ideal untuk memenuhi kebutuhan selama persiapan hingga pelaksanaan PON XX.

"Rekomendasi konkretnya adalah membuat kajian bagaimana anggaran yang dibutuhkan untuk mempertahankan gelar juara umum pada PON XX di Papua. Sesuai tema RAT, Demi Harga Diri dan Kehormatan Jawa Barat, Jabar Juara Jabar Kudu Meunang," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

KONI Jabar KONI Jawa Barat PON 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.035

Bagikan