Satu Keanehan Guardiola di Derby Manchester

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 08 November 2021
Satu Keanehan Guardiola di Derby Manchester
Pep Guardiola memberikan instruksi kepada pemain Manchester City. (Twitter)

BolaSkor.com - Pep Guardiola menjadi sosok kunci dari kesuksesan Manchester City memenangi Derby Manchester jilid pertama Premier League 2021-2022. Menariknya, hasil fantastis itu diwarnai satu keputusan anehnya.

Dalam laga yang berlangsung di Old Trafford, Sabtu (6/11) kemarin, Manchester City mengalahkan Manchester United dengan skor 2-0. Kemenangan itu diraih dengan cara yang meyakinkan.

Ilkay Gundogan dan kawan-kawan mampu mendominasi penuh jalannya pertandingan. Sementara Manchester United yang tampil di depan publik sendiri tak bisa berbuat banyak.

Baca Juga:

Keampuhan Resep Guardiola untuk Taklukkan Old Trafford

Deretan Fakta Menarik yang Menegaskan Dominasi Man City di Old Trafford

Man United 0-2 Man City: Tetangga Berjaya di Old Trafford

Manchester City bahkan langsung unggul saat laga baru berjalan tujuh menit. Eric Bailly melakukan gol bunuh diri saat salah mengantisipasi umpan silang Joao Cancelo.

Bernardo Silva kemudian menggandakan keunggulan Manchester City pada penghujung babak pertama. Skor 0-2 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Manchester City menurunkan tempo permainan. Mereka seolah hanya menjaga penguasaan bola dan tak ngotot mencetak gol tambahan.

Pada momen inilah keputusan aneh dibuat Guardiola. Manajer berkebangsaan Spanyol itu tidak memanfaatkan tiga kesempatan pergantian pemain.

Itu artinya Manchester City tetap menggunakan pemain yang sama selama 90 menit. Guardiola seolah tak terpengaruh dengan perubahan strategi yang dilakukan Ole Gunnar Solskjaer di kubu lawan.

Manchester United memang mencoba bermain lebih menyerang di paruh kedua. Masuknya Jadon Sancho, Marcus Rashford, dan Donny van de Beek menjadi buktinya.

Keputusan aneh Guardiola itu menarik perhatian mantan pemain Manchester City, Joleon Lescott. Ia bahkan menyebut sang juru taktik melakukan sebuah kegilaan.

“Saya tidak tahu apakah Pep tidak menyadari (tidak melakukan pergantian pemain) atau memang disengaja. Namun ini adalah derby, dan Anda mengharapkan akan ada perubahan," kata Lescott di situs resmi Manchester City.

"Sebelum Anda masuk lapangan, manajer biasanya meminta untuk bermain dengan hati dan pada menit ke-70 akan ada perubahan. Namun fakta bahwa para pemain bisa memainkan perpanjangan waktu lagi dan masih bisa melewatinya, sungguh gila.”

Keputusan yang dilakukan Guardiola memang cukup mengherankan. Padahal ia bisa menggunakan pergantian pemain untuk mengulur waktu.

Jika sudah yakin menang, Guardiola juga bisa memberi kesempatan pemain lain untuk mendapat menit bermain. Di bangku cadangan Manchester City kebetulan masih ada nama-nama seperti Raheem Sterling, Jack Grealish, dan Riyad Mahrez yang kualitasnya tak perlu diragukan.

Manchester City Pep Guardiola Derby Manchester Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan