BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih kemenangan 4-0 atas Laos U-23, pada laga pamungkas cabang olahraga sepak bola putra Grup B SEA Games 2019 di Stadion Imus Cative, Kamis (5/12). Dengan begitu, Skuat Garuda Muda berhasil melaju ke babak semifinal.

Dalam laga tersebut, Timnas Indonesia U-23 yang membutuhkan kemenangan langsung tancap gas. Skuat Garuda Muda menggempur pertahanan Laos.

Timnas Indonesia langsung bisa menciptakan gol melalui Saddil Ramdani pada menit keempat. Bola hasil tendangan kaki kirinya berhasil membobol gawang Laos. Skor 1-0 untuk Timnas Indonesia U-23.

Selanjutnya, penguasaan bola tetap menjadi milik Timnas Indonesia U-23. Berkali-kali, pasukan Indra Sjafri membombardir pertahanan Laos.

Namun, tidak ada gol yang tercipta kembali. Skor 1-0 untuk Timnas Indonesia U-23 bertahan hingga babak pertama usai.

Baca Juga:

Mengintip Venue Timnas Indonesia U-23 Vs Laos Stadion Imus: Ruang Ganti Pemain di Kelas

Klasemen Grup A SEA Games 2019: Malaysia dan Filipina Tersingkir, Kamboja Temani Myanmar ke Semifinal

Di babak kedua, Timnas Indonesia U-23 masih menguasai jalannya laga. Alhasil, Skuat Garuda Muda menambah gol melalui Osvaldo Haay pada menit ke-47.

Bola hasil tendangannya melaju deras ke gawang Laos. Skor 2-0 untuk Timnas Indonesia U-23.

Tertinggal dua gol, Laos masih kesulitan menyerang. Justru Timnas Indonesia U-23 berkali-kali mendapat peluang untuk menambah gol.

Timnas Indonesia U-23 mendapat penalti pada menit ke-71, setelah bek Laos menjatuhkan Osvaldo Haay di kotak penalti.

Bagas Adi Nugroho awalnya gagal mengeksekusi penalti karena ditepis kiper Laos Solasak Thilavong, namun wasit meminta penalti diulang karena ada pelanggaran. Di sepakan kedua, Bagas Adi Nugroho kembali gagal, setelah tendangannya ditepis kembali oleh Solasak.

Namun, Bagas Adi Nugroho berhasil menyambar bola muntah untuk membobol gawang Laos pada menit ke-72. Skor 3-0 untuk Timnas Indonesia U-23.

Timnas Indonesia U-23 menambah gol melalui Osvaldo Haay pada menit ke-94. Skor 4-0 untuk Timnas Indonesia U-23 bertahan hingga laga usai.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-23 melaju ke babak semifinal sebagai runner-up Grup B dengan raihan 12 poin dari 5 laga, plus surplus 14 gol. Skuat Garuda Muda menemani Vietnam U-23 sebagai juara Grup B dengan 13 poin dari 5 laga, usai menahan imbang Thailand U-23 2-2. Thailand harus gugur karena hanya finis di urutan ketiga klasemen akhir Grup B dengan raihan 10 poin dari 5 laga.

Timnas Indonesia U-23 akan bertemu Myanmar U-23 pada laga semifinal. Kemudian, Vietnam menantang Kamboja U-23. Dua pertandingan semifinal ini digelar di Stadion Rizal Memorial, Sabtu (7/12).

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-23 (4-3-3): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Andy Setyo, Bagas Adi, Nur Hidayat Haji Harris; Syahrian Abimanyu, Zulfiandi, Evan Dimas; Egy Maulana Vikri, Osvaldo Haay, Saddil Ramdani.

Pelatih: Indra Sjafri

Laos U-23 (5-3-2): Solasak Thilavong; Vanna Bounlovongsa, Aphixay Thanakhanty, Kittisak
Phomvongsa, Bounphithak Chanthalangsy, Bounphachan Bounkong; Somsavath Sophabmixay,
Somlith, Sengvanny, Kaharn Phetsivilay; Somxay Keohanam, Soukaphone Vongchiengkham.

Pelatih: Sundram Moothy