SEA Games 2023: Keran Medali Indonesia Terbuka, Kun Bokator Raih 1 Perak dan 5 Perunggu

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Kamis, 04 Mei 2023
SEA Games 2023: Keran Medali Indonesia Terbuka, Kun Bokator Raih 1 Perak dan 5 Perunggu
Alfadhila Ramadhan persembahkan medali pertama (perak0 untuk Indonesia melalui Kun Bokator. (NOC)

BolaSkor.com - Perolehan medali Kontingen Indonesia pada SEA Games 2023 Kamboja mulai terbuka pada Kamis (4/5). Bertanding di Chory Changvar Internatioma Convention and Exibhition Center, tim nasional kun bokator Indonesia meraih 1 perak dan 5 perunggu.

Medali pertama dari kun bokator sekaligus yang pertama untuk Indonesia pada SEA Games 2023 datang dari Alfadhila Ramadhan. Sang petarung meraih medali perak pada nomor Men's Single Bokator Spirit Form.

Alfadhila Ramadhan yang meraih nilai 7.6659 hanya kalah dari atlet tuan rumah, Pichmorakoth Punleu yang mengumpulkan skor 7.9992. Sementara itu, tempat ketiga diduduki Myanmar.

Dari nomor Women's Single Bokator Spirit Form, Riana Oktavia merengkuh medali perunggu (skor 8.0825). Perolehan poin Riana sama dengan milik atlet Filipina. Sementara itu, Kamboja kembali menjadi pemenang.

Baca Juga:

Alfadhila Ramadhan Sumbang Medali Pertama untuk Indonesia Melalui Cabor Kun Bokator

Presiden Federasi Kamboja Siap Mundur jika Timnas U-22 Gagal ke Semifinal

Mengenal Kun Bokator, Cabor Lahirnya Medali Pertama untuk Indonesia di SEA Games 2023

Beralih ke nomor Men's Single Bamboo Shield Form, Gema Nur Arifin menyumbang medali perunggu untuk Kontingen Indonesia. Penampilannya mendapatkan nilai 7.6659. Ia gagal membendung atlet Filipina (perak) dan Kamboja (emas).

Timnas kun bokator Indonesia kembali meraih medali perunggu dari nomor Women's Single Bamboo Shield Form. Kali ini, Delsya Anggraini yang naik ke podium.

Ia menempati posisi ketiga usai mengumpulkan skor 8.4158. Menariknya, medali emas disabet Angel Gwen Alcances Derla dari Filipina, sedangkan atlet Kamboja, Chanchhorvy Puth harus puas pada posisi kedua.

Pundi-pundi medali Indonesia kembali bertambah dari nomor Men's Single Bare Hands Form. Dzaky Fadhlurrohman meraup medali perunggu usai mengoleksi skor 7.4993. Sementara itu, medali emas jatuh ke tangan Laos, sedangkan perak menuju Kamboja.

Medali perunggu bertambah menjadi lima melalui Dwi Jayanti. Bertanding pada nomor Women's Single Bare Hands Form, Dwi mengumpulkan skor 6.8327.

Menurut laporan Destin Asian, bokator adalah mulai muncul di Kamboja sejak abad ke-9. Jika diartikan secara harafiah, bokator berarti menghajar singa.

Awalnya, bokator diciptakan untuk pertahanan diri di dalam perang. Tidak heran, bokator tidak hanya dipraktikkan menggunakan tangan kosong, melainkan dengan pisau, tongkat, dan pedang.

Sebagian besar teknik pukulan dalam kun bokator menggunakan sikut, kepala, kaki, dan lutut. Selain itu, ada juga tendangan menggunakan tulang kering.

Ini adalah pertama kalinya kun bokator dipertandingkan di SEA Games. Indonesia mendukung upaya Kamboja untuk memasukkan kun bokator menjadi cabang olagraga yang dipertandingkan di SEA Games 2023.

Indonesia pun merekrut sejumlah atlet yang berasal dari bela diri lain untuk berlatih kun bokator. Indonesia juga mendatangkan dua pelatih kun bokator dari Kamboja.

SEA Games 2023 Kun Bokator
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.570

Bagikan