Sebelum Bajak Van Persie, MU Lebih Dulu Dekati Lewandowski

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 22 Desember 2020
Sebelum Bajak Van Persie, MU Lebih Dulu Dekati Lewandowski
Robert Lewandowski (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United sempat mengejutkan bursa transfer musim panas 2012 dengan membajak Robin Van Persie dari Arsenal. Namun penyerang berkebangsaan Belanda itu ternyata bukan target utama Setan Merah.

Setelah gagal juara Premier League di musim sebelumnya karena kalah selisih gol dari Manchester City, Manchester United coba mempertajam lini depannya. Sir Alex Ferguson coba mendatangkan penyerang tengah bernama besar ke skuatnya.

Menariknya, target utama Ferguson adalah Robert Lewandowski. Kala itu sang pemain tengah membangun reputasi sebagai penyerang kelas dunia bersama Borussia Dortmund.

Baca Juga:

Letusan Gunung Gagalkan Transfer Lewandowski ke Blackburn

Pemain Terbaik FIFA 2020: Pilihan Berbeda Messi, Ronaldo, dan Lewandowski

Penghargaan FIFA 2020: Robert Lewandowski dan Jurgen Klopp Jadi yang Terbaik

Robin Van Persie dan Sir Alex Ferguson

Lewandowski mengaku sudah melakukan pembicaraan serius dengan Ferguson. Sayang, kepindahannya ke Old Trafford tak terwujud.

"Setelah tahun kedua saya di Dortmund, saya berbicara dengan Sir Alex Ferguson. Dia ingin saya datang ke Manchester," kata Lewandowski kepada France Football.

"Saya sangat tertarik, bahkan bisa mengatakan saya siap. Namun Dortmund tidak ingin melepaskan saya."

Setelah ditolak Dortmund, Ferguson mendatangkan Van Persie dengan biaya mencapai 22,5 juta poundsterling. Penyerang berkebangsaan Belanda itu pun sukses membantu Setan Merah meraih gelar Premier League di akhir musim.

Namun musim itu juga menjadi kali terakhir Ferguson mengemban tugas sebagai manajer Manchester United. Setelah itu, raksasa Inggris tersebut dan Van Persie mengalami penurunan prestasi.

Sementara Lewandowski bertahan di Dortmund hingga kontraknya usai pada musim panas 2014. Namun ia lebih memilih Bayern Munchen ketimbang Manchester United untuk melanjutkan kariernya.

Tahun ini, Lewandowski menjalani masa terbaik dalam kariernya. Ia mampu memborong semua gelar yang tersedia sepanjang tahun 2020 termasuk penghargaan pemain terbaik dunia versi FIFA.

Bisa dibayangkan andai Lewandowski dulu pindah ke Manchester United. Kariernya mungkin akan seperti Van Persie yang meredup hingga pensiun.

Robert Lewandowski Manchester United Robin van Persie Sir Alex Ferguson Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan