Sederet Fakta Menarik di Balik Berakhirnya Kutukan Inggris atas Jerman

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 30 Juni 2021
Sederet Fakta Menarik di Balik Berakhirnya Kutukan Inggris atas Jerman
Timnas Inggris (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Inggris melanjutkan perjalanan mereka di Piala Eropa 2020 dan menyingkirkan negara kuat, Jerman di fase 16 besar yang dihelat di Wembley, Selasa (29/06) malam WIB. Tim arahan Gareth Southgate menang dengan skor 2-0.

Inggris bermain dengan efisien dengan 45 persen penguasaan bola, melepaskan lima tendangan (empat tepat sasaran), dua dari peluan itu berujung gol Raheem Sterling (75') dan Harry Kane (86'). Sedangkan Jerman dengan 55 persen penguasaan bola tak mampu mencetak gol.

Hasil itu mengakhiri kutukan tak pernah menang Inggris atas Jerman sejak final Piala Dunia 1966 (kala Inggris jadi juara) di laga kompetitif di turnamen besar. Wajar jika suporter hingga pemain Inggris sangat senang dengan hasil itu.

Tak terkecuali mantan pemain timnas Inggris, Gareth Southgate yang kini jadi pelatih Inggris dan diingat dengan kegagalannya mencetak gol penalti pada semifinal Piala Eropa 1996.

Baca Juga:

8 Tim yang Lolos Perempat Final Piala Eropa 2020

Tekuk Jerman, Declan Rice: Inggris Bungkam Haters

Piala Eropa 2020 - Inggris 2-0 Jerman: The Three Lions Terus Melaju

Timnas Inggris

"Hari ini adalah hasil yang besar. Inggris belum pernah mengalahkan Jerman di babak sistem gugur sejak final di sini (tahun 1966)," ucap Southgate di laman resmi UEFA.

"Kami belum pernah ke semifinal diikuti perempat final (di turnamen berturut-turut) sejak 1968. Jadi para pemain ini terus menulis sejarah dan mereka punya kesempatan lagi – kami hanya pernah sekali ke semifinal Piala Eropa, sekali lagi, mereka punya kesempatan untuk melakukan sesuatu yang sangat istimewa."

Bek timnas Inggris Harry Maguire juga menyoroti kekuatan kolektivitas Inggris untuk mencapai tujuan bersama, dari lini belakang yang kuat hingga lini serang yang dapat mencetak gol.

"Saya pikir kami memiliki pemain yang sangat baik. Ini adalah sebuah unit, itu datang dari Gareth dalam cara dia mengatur kami dan kemudian, tentu saja, para pemain depan. Itu dimulai dari depan dan diakhiri dengan kami, menjaga clean sheets. bagus tapi yang utama adalah memenangkan pertandingan," tambah Man of the Match kontra Jerman itu.

Sederet fakta menarik dihasilkan dari pertandingan tersebut. BolaSkor.com telah merangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan lengkapnya:

1. Kalvin Phillips merebut penguasaan bola 11 kali melawan Jerman, terbanyak di antara pemain Inggris di Piala Eropa sejak Tony Adams (13 kali) pada 1996.

2. Inggris telah menjaga clean sheets di tiap empat laga pembuka turnamen besar untuk kali kedua sejak Piala Dunia 1966.

3. Harry Kane sudah mencetak 30 gol untuk Inggris di bawah arahan Southgate. Dalam sejarahnya hanya Gary Lineker yang mencetak gol lebih banyak di bawah asuhan satu manajer (dengan Sir Bobby Robson sebanyak 35 gol).

4. Harry Kane sekarang menyamai gol Wayne Rooney di turnamen besar Inggris (tujuh gol), di bawah Gary Lineker (10 gol) dan Alan Shearer (sembilan gol).

5. Raheem Sterling jadi pemain kedua Inggris yang mencetak tiga gol di laga-laga awal Inggris di turnamen besar setelah Lineker pada 1986.

6. Untuk kali pertama sejak Piala Eropa 2008 Jerman gagal mencapai perempat final Piala Eropa.

7. Jordan Pickford tak kebobolan satupun gol di Piala Eropa 2020. Inggris jadi satu-satunya tim yang belum pernah kebobolan gol.

8. Raheem Sterling tak pernah kalah kala membela Inggris dan bermain di Wembley (plus mencetak 10 gol).

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini

Breaking News Inggris Timnas Inggris Piala Eropa 2020
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan