Sederet Inovasi Sambut Kembalinya LaLiga

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 09 Juni 2020
Sederet Inovasi Sambut Kembalinya LaLiga
Lionel Messi (Twitter)

BolaSkor.com - Kembalinya kompetisi LaLiga musim 2019-20 tinggal hitungan hari. LaLiga kembali bergulir meski harus digelar tanpa penonton sehubungan dengan pandemi virus corona.

Terkait dengan gelaran pertandingan tanpa penonton, LaLiga telah mengumumkan pengalaman siaran baru yang akan digunakan pada 11 pertandingan sisa.

Karena situasi yang disebabkan oleh pandemi COVID-19, pertandingan-pertandingan LaLiga akan terasa berbeda dari sebelum ditangguhkan. Karena itulah LaLiga menghadirkan inovasi dalam hal penyiaran pertandingan.

Baca Juga:

Paling Efektif, Catatan Impresif Mariano Diaz Lalui Cristiano Ronaldo dan Raul di Real Madrid

Pelatih Barcelona Ungkap Kondisi Terkini Lionel Messi

Barcelona Tolak Tawaran Rp1,59 Triliun untuk Ansu Fati

Inovasi tersebut diimplementasikan dalam dua area: virtualisasi tribun penonton dan sorakan penonton, serta penempatan posisi kamera yang baru. Inovasi tersebut akan diimplementasikan dengan bantuan dari para mitra dan dilakukan oleh Mediapro, mitra produksi resmi dari LaLiga.

“Kami telah memperbarui siaran sehingga para penggemar dapat menyaksikan LaLiga,” kata Presiden LaLiga, Javier Tebas dalam rilis.

“Kami bekerja dengan mitra global untuk menawarkan pengalaman menonton yang luar biasa. Kami semua berada dalam situasi sulit. Kami harus beradaptasi dan menawarkan inovasi siaran baru kepada para penggemar.”

Perubahan terbesar dalam kembalinya kompetisi ini adalah virtualisasi siaran yang ditawarkan oleh LaLiga kepada para mitra siaran internasionalnya. Hal ini akan membuat pertandingan dapat disaksikan dengan cara unik yang mirip dengan keadaan sebelum kompetisi ditangguhkan.

Untuk virtualisasi penonton di tribun dengan mengisi foto-foto penonton yang mengenakan jersey tim kandang. Untuk mengembangkan pengalaman digital ini, LaLiga berkolaborasi dengan perusahaan Norwegia, VIZRT, yang juga bekerja sama dengan liga-liga Eropa lainnya.

Ketika permainan dihentikan, gambar penggemar ini dapat diubah menjadi kanvas yang cocok dengan warna tim tuan rumah dan akan membawa pesan kelembagaan di antara penawaran lainnya.

Siaran inovatif ini juga akan menampilkan suara virtual, yang telah diperoleh melalui kolaborasi dengan EA SPORTS FIFA, dalam proyek yang disebut Sounds of the Stands. Melalui ini, perpustakaan audio sponsor resmi LaLiga, EA, yang direkam di stadion nyata, telah digunakan dan telah diadaptasi secara digital sehingga dapat diimplementasikan secara real time selama pertandingan. Ini akan disesuaikan dengan aliran permainan saat situasi tertentu terjadi, seperti gol atau pelanggaran, menciptakan apa yang dikenal sebagai Atmospheric Audio.

Tidak hanya itu, pertandingan juga akan disaksikan secara berbeda karena posisi kamera yang baru. Beberapa kamera akan dipindahkan lokasinya ke posisi di mana sebelumnya posisi tersebut menghalangi pandangan penggemar di tribun. Di antara contoh-contoh lain, kamera udara akan memodifikasi jalurnya untuk menawarkan sudut yang baru, kamera bangku cadangan akan dipindahkan ke tribun yang berlawanan, sementara kamera robot akan digunakan di terowongan karena alasan keselamatan dan kesehatan.

Semua perubahan ini, yang akan tetap dipertahankan selama pertandingan harus dimainkan secara tertutup, melanjutkan komitmen LaLiga untuk menghadirkan pengalaman terbaik bagi penggemar.

LaLiga Breaking News Juni Enggak Cengeng
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan