BolaSkor.com - Borussia Dortmund di Eropa dikenal sebagai salah satu klub tempat para pemain muda berkembang, namun di satu sisi berbeda, efek darinya adalah Dortmund menjadi 'etalase' bagi klub-klub top Eropa.

Dalam kurun waktu 10 musim terakhir Dortmund memenangi satu Bundesliga dan finish sebagai runner-ups lima kali. Kesulitan Dortmund memenangi trofi itulah yang memicu pemain-pemain muda berbakat hengkang ke klub lain.

Seperti halnya Ajax Amsterdam, Borussia Dortmund selalu menemukan bakat baru ketika pemain-pemain andalan - plus muda - di klub hengkang ke tim lain. Saat ini saja ada Gio Reyna dan Jude Bellingham yang menyita perhatian klub-klub top Eropa.

Baca Juga:

Hadiah Perpisahan Haaland: Jam Tangan Seharga Rp232 Juta untuk 33 Pemain Dortmund

Rumor Transfer Man City: Gundogan dan Fernandinho Pergi, Siapkan Uang untuk Bastoni

Kandidat Pemenang Manajer, Pemain, dan Pemuda Terbaik Premier League 2021-2022

Seperti dikutip dari Goal, Dortmund sudah menghasilkan lebih dari satu miliar euro dari penjualan pemain-pemain mereka. Teranyar yang mereka jual adalah Erling Haaland. Berikut penjualan termahal yang pernah dilakukan Dortmund.

1. Ousmane Dembele - 140 Juta Euro

Masih tercatat sebagai penjualan termahal Dortmund. Pada 2017 Barcelona merampungkan transfer Ousmane Dembele sebesar 140 juta euro. Bahkan saat itu Dembele sampai merajuk agar transfer itu bisa terealisasi.

Pengemas 27 caps dan pencetak empat gol dengan timnas Prancis masih bermain di Barcelona. Kini Dembele jadi pemain penting bagi klub dengan kualitas teknik yang dimilikinya.

2. Jadon Sancho - 85 Juta Euro

Dibeli murah dari Manchester City pada 2017, Jadon Sancho berkembang pesat selama empat tahun dengan Dortmund sampai tawaran datang pada 2021. Manchester United merekrutnya sebesar 85 juta euro.

Musim perdana Sancho di Man United tak berjalan baik, tetapi pada usia 22 tahun dan di era Erik ten Hag masih ada waktu baginya berkembang. Sancho juga punya 23 caps dan tiga gol dengan timnas Inggris.

3. Erling Haaland - 75 Juta Euro

Penyerang dengan prospek cerah jadi pemain top di posisinya di masa depan. Erling Haaland (21 tahun) punya segalanya dari kekuatan, kecepatan, hingga penyelesaian akhir yang bagus. Bisnis yang dilakukan Man City pun bagus.

The Citizens membelinya sebesar 75 juta euro dan Haaland jadi pengganti ideal bagi Sergio Aguero. Dengan transfer itu Haaland mengikuti jejak ayahnya, Alf-Inge Haaland, yang membela Man City terlebih dahulu.

4. Christian Pulisic - 64 Juta Euro

Produk akademi Dortmund dipromosikan ke tim utama pada 2016 dan bermain hingga 2019. Chelsea datang merekrutnya sebesar 64 juta euro dan Christian Pulisic bereuni dengan Thomas Tuchel.

Pulisic belum tampil optimal dengan Chelsea karena kombinasi cedera dan kurangnya jam bermain. Namun pada usia 23 tahun Pulisic masih bisa berkembang.

5. Henrikh Mkhitaryan - 42 Juta Euro

Jarang pemain dari Armenia bisa memiliki profil besar di Eropa dan Henrikh Mkhitaryan sukses mengharumkan nama negaranya. Mkhitaryan (33 tahun) pernah membela Dortmund pada medio 2013-2016 pasca pergi dari Shakhtar Donetsk.

Manchester United memboyongnya sebesar 42 juta euro dan setelah itu kariernya berjalan singkat di United, kemudian pindah ke Arsenal, dan kini membela AS Roma. Mkhitaryan sudah memenangi dua gelar Eropa yakni Liga Europa dan Conference League.

6. Mario Gotze - 37 Juta Euro

Mantan wonderkid Jerman yang kariernya meredup sejak pindah ke Bayern Munchen dari Dortmund pada 2013. Kini Mario Gotze berumur 30 tahun dan bermain di Eredivisie bersama PSV Eindhoven.

Gotze membela Dortmund selama dua periode (2009-2013 dan 2016-2020), tapi periode pertamanya diwarnai kesuksesan dan pencapaian level personal yang bagus.

7. Abdou Diallo - 32 Juta Euro

PSG (Paris Saint-Germain) memiliki bek-bek tangguh dari Marquinhos, Presnel Kimpembe, Abdou Diallo, hingga Sergio Ramos. Di antara mereka Diallo adalah mantan pemain Dortmund periode 2018-2019.

PSG merekrutnya sebesar 32 juta euro pada 2019 dan pemain timnas Senegal masih berada di Paris. Diallo berumur 26 tahun dan kariernya masih relatif panjang.

Selain ketujuh penjualan termahal Dortmund tersebut masih ada nama lainnya, berikut nama-nama tersebut.

- Omer Toprak (empat juta euro)
- Ciro Immobile (11 juta euro)
- Julian Schieber (2,5 juta euro)
- Shinji Kagawa (16 juta euro)
- Nuri Sahin (10 juta euro)
- Nelson Valdez (3,5 juta euro)
- Alex Frei (4,25 juta euro)
- Mladen Petric (7,3 juta euro)
- Ebi Smolarek (4,5 juta euro)
- Tomas Rosicky (10 juta euro)
- Ewerthon (3,5 juta euro)
- Torsten Frings (9,25 juta euro)
- Jens Lehmann (3,5 juta euro)
- Victor Ikpeba (satu juta euro)
- Evanilson (15 juta euro)
- Sergej Barbarez (1,8 juta euro).