Segrup Timnas Indonesia, Pelatih Malaysia Ungkap Rasa Iri pada UEA

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 15 November 2020
Segrup Timnas Indonesia, Pelatih Malaysia Ungkap Rasa Iri pada UEA
Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe. (affsuzukicup.com)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, iri dengan persiapan Uni Emirat Arab (UEA). UEA menjadi salah satu lawan tersisa Malaysia di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 putaran kedua.

Malaysia akan bertandang ke markas UEA pada Maret 2021, sebelum menjamu Vietnam pada bulan yang sama. Timnas Malaysia kemudian dijamu Thailand pada Juni 2021. Malaysia masih memiliki peluang ke tahap berikut setelah mengumpulkan sembilan poin dari lima laga dan bercokol di tempat kedua.

Rasa iri disampaikan karena UEA bisa tetap menjalankan persiapan di tengah pandemi virus corona (COVID-19). UEA sebelumnya mengadakan pemusatan latihan 3-12 Oktober dengan diisi pertandingan internasional melawan Uzbekistan.

Baca Juga:

Lawan Terdekat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia Dipaksa Seri 2-2

Kembali Uji Coba Internasional, Lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia Unjuk Keperkasaan

Timnas UEA asuhan Jorge Luis Pinto kembali mengadakan pemusatan latihan 11-15 November. Uji coba melawan Tajikistan dan Bahrain diagendakan.

Berbeda dengan Malaysia. Sejak November 2019, Harimau Malaya tak menjalani pemusatan latihan. Ada kemungkinan kamp pelatihan baru diadakan Januari 2021, namun akan ada tantangan mengingat klub Liga Malaysia sedang mempersiapkan musim baru.

"Sebagai pelatih tentu ada rasa frustrasi. Jika Anda melihat UEA setelah menunjuk pelatih baru, mereka adakan kamp di Serbia dengan 3-4 pertandingan persahabatan. Mereka juga bermain melawan Tajikistan setelah menghadapi Uzbekistan pada Oktober. Jika Anda lihat Grup G, Malaysia satu-satunya yang tidak memiliki kamp pelatihan setelah November 2019," jelas pelatih Tan Cheng Hoe dikutip dari Goal.

Tan Cheng Hoe menjadikan ketetapan AFC terkait jadwal baru laga sisa kualifikasi sebagai momentum untuk menyusun program latihan. "Dengan pengumuman itu, setidaknya sekarang kami mulai memikirkan jadwal dan program pelatihan untuk 2021. Kami sudah absen satu tahun lebih kamp pelatihan. Pemain masih bermain tetapi setelah selang satu tahun tidak bersama, itu pasti sulit."

"Tahun depan akan menjadi tantangan besar karena padatnya jadwal para pemain dan pelatih. Kami membutuhkan perencanaan yang baik dan pada saat yang sama kerjasama yang baik antara FAM dan MFL terkait liga. Kami memiliki agenda kualifikasi Piala Dunia dan Piala AFF jadi perlu duduk dan berdiskusi dengan FAM tentang apa yang terbaik untuk tim nasional," sambung Tan Cheng Hoe.

Malaysia Kualifikasi Piala Dunia 2022 Timnas Indonesia UEA Uni emirat arab
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan