Selain Fernando Alonso, 4 Pembalap F1 Ini Turun Gunung dari Pensiun

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Jumat, 10 Juli 2020
Selain Fernando Alonso, 4 Pembalap F1 Ini Turun Gunung dari Pensiun
Fernando Alonso. (Zimbio)

BolaSkor.com - Pengumuman mengejutkan hadir dari dunia F1 beberapa hari silam. Renault mengumumkan perekrutan pembalap kawakan, Fernando Alonso untuk musim 2021.

F1 sudah mulai memasuki era baru. Meski saat ini masih dipegang oleh Lewis Hamilton, tetapi nama-nama muda macam Charles Leclerc, Max Verstappen, dan Lando Norris mulai mengincar posisi puncak.

Menariknya, di tengah nama-nama muda itu, mulai musim 2021 justru akan ada pembalap veteran yang turun gunung. Adalah pemenang dua gelar juara dunia F1, Alonso.

Kolaborasi yang menghasilkan gelar F1 2005 dan 2006, Renault dan Alonso, memutuskan reuni pada musim 2021 nanti. Pembalap asal Spanyol itu akan menggantikan Daniel Ricciardo.

Baca Juga:

Renault Pastikan Fernando Alonso Kembali ke Formula 1

Valtteri Bottas Juarai Seri Perdana F1 2020

Menariknya, Renault memilih untuk bekerja sama dengan Alonso yang sudah tidak beraksi di F1 sejak 2018. Padahal, di saat yang sama terdapat Sebastian Vettel yang didepak Ferrari.

"Saya tidak meragukan talenta Alonso, juga Vettel dan Valtteri Bottas. Namun, terdapat cara berpikir dan motivasi yang menjadi tolok ukur, selain itu waktu yang tepat," kata Bos Renault, Cyril Abiteboul, mengenai alasan memilih Alonso.

Menariknya, Alonso bukan satu-satunya pembalap F1 yang kembali dari masa pensiun. Berikut ini BolaSkor.com merangkum empat pembalap lainnya:

Niki Lauda

Niki Lauda

Pembalap yang kisahnya diangkat untuk film Rush, Niki Lauda, pernah memutuskan pensiun pada 1979. Saat itu, Lauda sudah meraih dua gelar F1 pada 1975 dan 1977.

Lauda mengumumkan pensiun dengan cara yang luar biasa. Pembalap asal Austria itu memutuskan pensiun di tengah uji coba F1 GP Kanada dengan mengatakan balapan bukan segalanya dan dia merasa bosan.

Saat pensiun, Lauda membela tim Parmalat yang menggunakan mesin Ford. Rupanya tiga tahun berselang dia kembali lagi, kali ini membela McLaren yang juga memakai mesin Ford.

Sempat kesulitan pada dua musim pertamanya setelah kembali ke F1, Lauda meraih titel juara dunia ketiganya pada musim ketiga. Masih bersama McLaren, dia memenangi F1 1984.

Trivia F1 Breaking News Felipe Massa Kimi raikkonen Michael Schumacher Niki Lauda Fernando alonso F1
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan