Serba-serbi Bola Menurut Aturan FIFA: Tekanan Udara hingga Berat

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Jumat, 08 Mei 2020
Serba-serbi Bola Menurut Aturan FIFA: Tekanan Udara hingga Berat
Bola Piala Dunia 1954 (worldcupballs.info)

BolaSkor.com - FIFA membuat aturan yang jelas mengenai pertandingan sepak bola. Bahkan, federasi sepak bola tertinggi di dunia itu juga mengatur soal benda yang diperebutkan 22 pemain yang ada di lapangan bernama bola.

Dalam panduannya, FIFA memiliki beberapa peraturan yang wajib dipenuhi agar bola bisa digunakan pada pertandingan resmi. Satu yang pasti bentuknya harus berbentuk bulat atau bundar sempurna.

Selain itu, besar lingkar bola yang sesuai aturan adalah antara 70 sentimeter hingga 68 sentimeter. Adapun, beratnya mencapai 450 gram hingga 410 gram.

Baca juga:

5 Rising Star dari Klub-klub Terkaya Dunia

5 Penyerang Tertajam Arsenal Era Arsene Wenger

Bola Piala Dunia 2002

Untuk urusan bahan, FIFA tidak memiliki aturan baku. Namun, semua harus lulus uji dari satu di antara FIFA Quality PRO, FIFA Quality, atau Intenational Match Standard (IMS).

Menariknya, FIFA juga mengatur tekanan udara di dalam bola. Dengan begitu, pantulan yang dihasilkan akan relatif sama.

FIFA mengambil satuan ukur berupa atsmosfer soal tekanan udara. Bola yang akan digunakan dalam pertandingan wajib memiliki tekanan udara 0,6 hingga 1,1 atmosfer.

Sementara itu, untuk bola yang menggunakan teknologi garis gawang, FIFA juga memiliki peraturan. FIFA kembali menggunakan tiga lembaga lulus uji di atas untuk melakukan verifikasi.

Lebih lanjut, FIFA juga mengatur soal lambang atau logo yang berada di bola. Pada kompetisi resmi, FIFA melarang bola yang digunakan terdapat gambar atau tulisan komersial.

FIFA hanya memberikan izin bola dihiasi logo atau lambang kompetisi, penyelenggara kompetisi, dan pabrikan pembuat bola. FIFA juga memberikan wewenang kepada federasi sepak bola setiap negara untuk membatasi ukuran dan jumlah gambar yang tertera pada bola.

Bola yang rusak dalam pertandingan juga bisa diganti atas izin wasit. Jika bola rusak pada tendangan penalti saat bergerak maju, sebelum menyentuh pemain, mistar gawang, atau tiang gawang, tendangan akan diulang.

Hal yang sama juga berlaku pada saat kick-off, tendangan gawang, tendangan sudut, dan tendangan bebas.

FIFA juga mengatur soal bola tambahan. FIFA memberikan izin kepada bola yang telah memenuhi syarat untuk ditempatkan di sekitar lapangan dan penggunaanya berada di bawah kendali wasit.

Demikianlah peraturan FIFA soal si kulit bundar. Ingat, Kapten Tsubasa Ozora pernah berpesan jika bola adalah teman.

Breaking News Fifa
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.520

Bagikan