BolaSkor.com - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengingatkan Asnawi Mangkualam Bahar soal budaya cepat di Korea Selatan. Pemahaman terhadap budaya di sebuah negara yakni Korea Selatan penting bagi Asnawi dalam menjalani karier di K League 2.

"Jika Anda pergi ke sebuah negara, Anda harus mempelajari budaya negara dengan cepat dan gaya hidup masyarakat," kata Shin Tae-yong dikutip dari Sports-G.

Shin Tae-yong menyampaikan hal ini dalam sesi jumpa pers. Itu setelah menyaksikan secara langsung laga Ansan Greeners melawan Jeonnam Dragons dari tribun Stadion Ansan Wa.

Dalam laga itu, Asnawi Mangkualam dimainkan sejak menit pertama sebelum diganti pada menit ke-80. Kehadiran Shin Tae-yong sekaligus sebagai bentuk dukungan terhadap karier Asnawi Mangkualam di Korea Selatan.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Menonton Langsung, Asnawi Mangkualam Tampil 80 Menit

Asnawi Mangkualam Debut di K League, Ansan Greeners Gagal Menang

"Saya melakukannya di Indonesia dan Asnawi harus belajar di Korea. Secara khusus, harus membiasakan diri dengan budaya di Korea yang cepat. Kata yang selalu saya sampaikan di Indonesia, artinya cepat, cepat."

"Di Korea persiapan untuk latihan membutuhkan waktu tiga menit. Sedangkan di Indonesia persiapan latihan membutuhkan waktu 15 menit, ini sangat lambat."

Menurutnya, akan sulit bagi Asnawi apabila tidak menyesuaikan diri dengan budaya setempat. "Orang Indonesia itu baik, tidak ada yang mendesak, jadi saya punya banyak ruang."

"Ketika pergi ke restoran China, mulai ada teriakan tolong, tolong, tetapi di Indonesia tidak. Jika Anda tidak mempelajari budaya cepat di Korea, Anda tidak bisa mengatasinya di kompetisi Korea. Saya mencoba memahami budaya di Indonesia, tapi Asnawi harus memahami budaya di Korea," sambung Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong juga memberi nasihat kepada Asnawi Mangkualam untuk meningkatkan stamina.