BolaSkor.com - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menjelaskan para pemain Timnas Indonesia U-23 masih belum terbiasa dengan formasi 4-4-2. Formasi itu diterapkan Shin Tae-yong dalam dua pertandingan uji coba Timnas Indonesia U-23.

Timnas Indonesia U-23 menutup pemusatan latihan (TC) dengan dua laga uji coba. Skuat Garuda Muda meraih kemenangan atas TIRA-Persikabo (2-0) dan Bali United (3-1). Dalam dua laga uji coba itu, Timnas Indonesia U-23 menggunakan formasi 4-4-2.

Formasi ini juga diterapkan oleh Shin Tae-yong saat menangani Timnas Indonesia U-19 di pemusatan latihan atau training camp (TC) di Kroasia. Memang para pemain terlihat bingung pada awalnya, namun ketika terus digunakan permainan pemain mulai terlihat.

Pelatih asal Korea Selatan ingin pemain fasih dulu menjalankan 4-4-2. Jika sudah, ia baru akan menjajal formasi lain.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Beri PR untuk Kushedya Hari Yudo

Catatan Penting Shin Tae-yong terhadap Timnas U-23 Selain Mental dan Fisik

"Mereka belum beradaptasi dengan baik pada formasi 4-4-2. Saya sudah membicarakannya dengan pemain. Kalau sudah beradaptasi baru kami akan menggunakan formasi lain 4-3-3 atau 3-5-2 dengan tiga bek," ujar Shin Tae-yong setelah melakukan uji coba melawan Bali United.

"Sejauh ini belum adaptasi. Nanti akan ada saatnya kami menggunakan formasi lain," tambahnya.

Salah satu pemain Timnas Indonesia U-23, Osvaldo Haay mengaku memang belum terbiasa dengan formasi 4-4-2 yang diterapkan oleh Shin Tae-yong. Bahkan pemain asal Papua itu masih kesulitan dalam menjalankan taktik yang diberikan oleh Shin Tae-yong.

"Untuk laga ini saya rasa cukup baik tadi banyak kekurangan yang kita lakukan di lapangan dan kekurangan itu yang kita evaluasi untuk jadi lebih baik. Saya masih banyak kekurangan, salah satunya masih lambat dalam mengalirkan bola ke kiri dan ke kanan," ujar Osvaldo.