BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, memberikan rekomendasi untuk memproses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat. Sedangkan dua pemain lainnya, yakni Mees Hilgers dan Kevin Diks batal untuk dinaturalisasi, karena terbentur izin orang tua.

Ini berdasarkan pertemuan Menpora Zainudin Amali bersama Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan beserta jajaran, dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Pertemuan tersebut berlangsung di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kamis (10/2).

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengatakan naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat tidak hanya naturalisasi semata. Ini melainkan untuk kemajuan sepak bola Indonesia.

Baca Juga:

Restu Menpora untuk Sandy Walsh dan Jordi Amat

Izin Orang Tua Jadi Alasan Mees Hilgers dan Kevin Diks Batal Dinaturalisasi

"Naturalisasi sangat penting, pertama adalah harus ada campur darah Indonesia. Kedua harus punya teknik yang hebat untuk membantu sepak bola Indonesia. Ketiga dia harus tanggung jawab sebagai tim nasional Indonesia, itu harus mencukupi dan baru bisa naturalisasi sebagai bangsa Indonesia," jelas Shin Tae-yong di Wisma Kemenpora, Kamis (10/2).

"Mudah-mudahan ini juga bisa membuat yang di bawahnya, pemain junior, terpacu dengan bergabungnya mereka di tim nasional. Karena tujuan kita ingin membangun tim nasional ini membangun sepak bola Indonesia," tambahnya.

PSSI menargetkan Sandy Walsh dan Jordi Amat bisa membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, Juni 2022 mendatang. Namun, target ini tak akan mudah mengingat proses ini harus mendapat persetujuan DPR RI, Kementerian Hukum dan Ham RI, serta Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).