BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tentu akan menjawab golf jika ditanya soal olahraga kesukaan selain sepak bola. Golf sudah mengisi waktu Shin Tae-yong sejak masih berkarier sebagai pemain hingga kini menjadi pelatih sepak bola.

Jawaban di podcast 'Close The Door' Deddy Corbuzier yang tayang di Youtube seakan mempertegas.

"Hampir tidak ada libur. Memang sangat-sangat sibuk karena pegang tiga tim. Kalau (tim nasional) senior selesai, langsung ada jadwal U-20 atau U-23. Kalau ada libur juga, paling main golf. Karena senang main golf," kata Shin Tae-yong lewat penerjemah.

Baca Juga:

STY Singgung Blackpink, Sebut Kpop Sangat Digandrungi di Indonesia

Shin Tae-yong Suka Cuaca Panas, Ingin Tinggal di Bali

Sehari setelah take podcast tersebut, Shin Tae-yong muncul di lapangan golf di kawasan Karawaci, Tangerang. Ia beratribut lengkap seorang pegolf.

Golf Perpanjang Karier Sepak Bola

Shin Tae-yong. (YNA/KPGA)

Shin Tae-yong sudah menyukai golf sejak 1997. Tepatnya ketika istirahat dari sepak bola untuk menyembuhkan cedera tulang rawan pergelangan kakinya.

Pada saat itu, Shin Tae-yong masih tercatat sebagai penggawa Ilhwa Chunma (kini Seongnam FC).

Dari golf, Shin Tae-yong mendapat manfaat. Golf juga menjadi jalan bagi Shin untuk memulihkan kondisi setelah menjalani pertandingan sepak bola.

Ia memilih untuk tidak minum terlalu banyak usai pertandingan. Satu gelas bir baginya cukup, kemudian tidur lebih awal dan bangun pukul empat atau lima pagi untuk pergi ke lapangan golf.

Shin Tae-yong dalam sebuah laporan media Korea Selatan pada 2015, dijelaskan berjalan 6 sampai 8 km di lapangan golf dan itu membantu menghilangkan zat kelelahan seperti asam laktat yang menumpuk di otot-otot tubuh bagian bawah seperti di betis.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Kenang Momen Melawan Sang Idola, Pep Guardiola

Dettmar Cramer, Bapak Sepak Bola Jepang dan Mentor bagi Shin Tae-yong

Judul laporan itu menuliskan bahwa golf memperpanjang usia sepak bola Shin Tae-yong.

"Sungguh, latihan pemulihan melalui golf adalah yang terbaik. Itu alasan saya bertahan lama, baik itu di sepak bola atau golf. Anda harus mengendalikan diri."

Seiring waktu, Shin Tae-yong makin mahir. Ia bahkan dianggap sebagai salah satu sosok sepak bola yang menonjol di lapangan golf.

Shin Tae-yong memeroleh trofi golf. (Joins)

Sejumlah turnamen diikutinya, termasuk yang diadakan Asosiasi Sepak Bola Korea (KFA) dan disponsori enam media Korea Selatan.

Beberapa edisi dimenangkan seperti pada 2015 dan 2018. Ia juga mendapat tempat sebagai tamu di beberapa kegiatan golf.

Kesukaan terhadap golf Shin Tae-yong juga tertular ke istri Cha Young-joo dan dua anaknya Shin Jae-won dan Shin Jae-hyeok.