Piala Asia 2023

Shin Tae-yong Targetkan Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia, Pengamat: Berat

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 23 Desember 2023
Shin Tae-yong Targetkan Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia, Pengamat: Berat
Pengamat sepak bola, Tommy Welly, saat menghadiri diskusi turun minum PSSI Pers di Media Centre Kemenpora, Jakarta, Kamis (21/12). (Dokumen PSSI Pers)

BolaSkor.com - Pengamat sepak bola, Tommy Welly, menilai peluang Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 cukup berat. Ada dua indikator yang dijadikan penilaian Towel, sapaan akrab Tommy Welly.

Pertama, kata Towel, lawan yang akan dihadapi di fase grup, di atas kertas kualitasnya lebih baik dari Timnas Indonesia. Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak dan Vietnam.

"Berat lah, berat. Irak, Vietnam, Jepang urutannya (pertandingan di fase grup) gitu menurut saya sih berat," kata Towel.

Kedua, Towel mengambil contoh penampilan Timnas Indonesia di dua laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pada 16 November lalu, Timnas Indonesia, disikat oleh Irak dengan skor telak 1-5, lalu di laga kedua kontra Filipina (21/11), Tim Merah-Putih hanya bermain imbang 1-1.

Menariknya, Irak adalah lawan pertama Timnas Indonesia di Piala Asia. Laga itu akan berlangsung 15 Januari 2024.

"Tapi 'kan tidak apa-apa. Itu janjinya (Shin Tae-yong), ya kita tunggu saja, bisa gak mencapai janji itu 16 besar di Piala Asia. Walaupun dari sudut pandang saya dengan apa yang terjadi di kualifikasi (Piala Dunia 2026) kemarin jadinya berat," ujarnya.

Baca Juga:

5 Pemain Timnas Indonesia Calon Dicoret Shin Tae-yong Jelang Piala Asia 2023

Shin Tae-yong Panggil Pemain Itu-itu Saja, Pengamat: Buat Apa Ada Kompetisi!

Sebelumnya, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memang sempat menyampaikan kepada awak media bahwa dirinya akan berusaha supaya Timnas Indonesia tidak hanya numpang lewat di Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong tak menampik kalau lawan-lawan yang akan dihadapi di Grup D sangat berat. Namun, pelatih asal Korea Selatan tersebut akan coba mempersiapkan timnya sebaik mungkin, salah satunya melalui pemusatan latihan atau training camp (TC) di Turki pada 20 Desember 2023 sampai 6 Januari 2024.

"Persiapan kita targetnya (untuk) 16 besar. Saya akan berusaha. Tim juga begitu. Tapi di Piala Asia kali ini, Indonesia terendah secara ranking FIFA (di antara empat tim di Grup D)."

"Lawannya juga tim tim yang bagus, begitu juga di grup kami, jadi kami tidak akan meremehkan lawan dan berusaha untuk mempersiapkan tim dengan lebih lagi," ujar Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia Shin Tae-yong Tommy Welly Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.399

Bagikan