Siapkan Grand Design Pembinaan Atlet, Menpora Andalkan Sport Science

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Selasa, 11 Agustus 2020
Siapkan Grand Design Pembinaan Atlet, Menpora Andalkan Sport Science
Zainudin Amali. (BolaSkor.com/Budi Prasetyo Harsono)

BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menyebutkan pihaknya akan melibatkan sport science. Hal itu untuk mendukung persiapan grand design pembinaan atlet.

Sebelumnya, Amali mengakui Indonesia belum memiliki grand design atlet. Padahal, menurutnya hal itu penting untuk mengembangkan potensi olahraga Tanah Air.

Amali menilai selama ini sistem di Indonesia adalah melihat bakat lalu mengambilnya. Tak ada pembinaan yang tertata pada pengelolaan olahraga di Indonesia.

Baca Juga:

PASI dan Perpani Tanda Tangani MoU dengan Kemenpora

Menpora Imbau Atlet PBSI Bertahan di Pelatnas demi Olimpiade 2020

Alhasil, Indonesia mulai terkejar dalam prestasi olahraga. Kondisi tersebut membuat Amali akan membuat grand design pembinaan atlet dengan berpusat ke sport science.

"Dari grand design, unsur sport science akan menjadi penting. negara lain menimba ilmu dan pengalaman dengan Indonesia. Sekarang mereka sama atau bahkan ada yang di depan," kata Amali.

"Mereka menggunakan sport science sebagai bagian dari pembinaan olahraga masing-masing. Tak ada pilihan lain, kalau mau berprestasi sport science harus menyertai pembinaan olahraga."

"Pembinaan ini harus terstrukur, sistematis, dan masif. Memang ini tidak murah, tetapi kalau mau maju, targetkan tiap Olimpiade peringkat berapa," lanjutnya.

Amali mengingatkan target yang dibebankan harus sesuai dan masuk akal. Hal itu demi menghindari saling mencari alasan ketika ternyata gagal.

Breaking News Menpora Zainudin Amali
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan