BolaSkor.com – Manajer Timnas Indonesia, AKBP Sumardji mengatakan bahwa Yeyen Tumena dan Joko Susilo akan menjadi caretaker Timnas Indonesia saat menghadapi Malaysia pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2020 di Stadion Bukit Jalil, 19 November.

Sebelumnya Ketua Umum PSSI, Komjen Pol Mochammad Iriawan mengatakan bahwa Simon McMenemy masih melatih Timnas Indonesia saat melawan Malaysia. Tapi kenyataannya Simon meninggalkan Timnas Indonesia lebih cepat.

Sumardji sebenarnya sudah merayu pelatih asal Skotlandia tersebut untuk berangkat melawan Malaysia. Namun itu tidak berhasil dan Simon memilih untuk tidak berangkat ke Malaysia.

Baca Juga:

Bertemu Iwan Bule, Timnas Indonesia U-23 Dapat Suntikan Semangat untuk SEA Games 2019

Indra Sjafri Berharap Zulfiandi dan Alberto Goncalves Cepat Bergabung ke Timnas Indonesia U-23

"Setelah diumumkan Simon dipecat, tentu kita harus ada yang pimpin tim ke sana, saya sudah diskusi, karena tidak ada head coach, yang kita angkat Yeyen dan Joko," kata Sumardji, di Hotel Sultan, Jumat (8/11).

"Saya sudah rayu coach agar berangkat, tapi dia tidak mau, karena sudah ada pemberitahuan. Secara psikologis dia tidak nyaman," tambah Sumardji.

Sebagai manajer, Sumardji pun menyampaikan kepada Yeyen dan Joko untuk segera menyiapkan tim jelang melawan Malaysia.

"Saya sudah sampaikan ke mereka, Joko dan Yeyen, tanggal 9 Desember itu (pas pemusatan) segera dipersiapkan, nama-nama pemain harus segera kumpul. Apapun harus kita hadapi, karena sudah tidak ada pilihan. Kita 9 November kumpul di Jakarta,” pungkas Sumardji.

Ke depan PSSI baru akan memilih pelatih baru pada bulan Desember 2019. Pelatih baru itu nantinya akan menangani Timnas Indonesia dan membantu menyiapkan Timnas U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.

Dua nama, yakni Luis Milla dan Shin Tae-yong menjadi kandidat pengganti Simon McMenemy. Keduanya akan diseleksi PSSI termasuk memaparkan program kepada jajaran Komite Eksekutif PSSI pada 19 November mendatang.