BolaSkor.com - Satu tiket tersisa menuju babak delapan besar Piala Menpora 2021 diperebutkan empat tim sekaligus yang berada di Grup C. PSS Sleman, Madura United, Persela Lamongan dan Persik Kediri berpeluang menemani Persebaya Surabaya yang telah lebih dulu memastikan lolos ke fase gugur.

PSS paling memiliki peluang menyusul Green Force. Apalagi PSS akan berhadapan langsung dengan mereka pada laga terakhir, lusa (7/4) nanti. Satu-satunya yang menjadi ganjalan tentu Persebaya tak akan mengalah begitu saja untuk mengamankan status juara grup.

Sementara di laga lain, Persela dan Persik akan saling berhadapan untuk membuka asa lolos ke babak selanjutnya. Walaupun pertandingan ini memiliki pemenang, sang pemenang tak akan serta merta melangkah ke delapan besar.

Baca Juga:

Delapan Pemain Belum Turun, Skuat Persebaya Akan Dirotasi Kontra PSS

Terus Pantau Kondisi Samsul Arif, Persebaya Dapat Dua Kabar Gembira

Bagaimana dengan Madura United? Walaupun peluang mereka paling tipis, Laskar Sape Kerrap tak boleh diabaikan. Meski tak lagi memiliki jadwal tanding dan harus bergantung dengan hasil di dua laga pamungkas, Madura United bakal tertolong regulasi jika poin empat tim ini sama.

Dalam regulasi Piala Menpora 2021 pasal 5 ayat 2 huruf f poin kedua dijelaskan bila poin dua atau beberapa tim sama maka perhitungannya menggunakan aturan tertentu. Jumlah nilai yang lebih tinggi, selisih gol yang lebih baik, dan jumlah gol memasukkan paling banyak yang didapat masing-masing klub dari pertandingan pertandingan yang telah dimainkan hanya di antara klub-klub terkait yang memiliki jumlah nilai yang sama.

Aturan tersebut akan digunakan jika PSS takluk dari Persebaya dan di laga lain Persik dan Persela berbagi angka. Dengan demikian, akan ada empat tim yang sama-sama memiliki poin empat dan Madura United mengintip peluang lolos ke babak selanjutnya dengan skenario ini.

Tetapi dua pertandingan ini tak akan dimainkan secara bersamaan. Pihak penyelenggara telah menetapkan laga Persela vs Persik akan dimulai terlebih dahulu di sore hari disusul bentrokan antara PSS dan Persebaya di tempat yang sama, Stadion Si Jalak Harupat. (Laporan Kontributor Arjuna Pratama/Madura)

Piala Menpora 2021

Skema empat tim Grup C untuk lolos ke fase perempat final Piala Menpora:

PSS Sleman:
PSS lolos jika menang dari Persebaya di laga terakhir fase grup.
PSS lolos jika bermain imbang dengan Persebaya. Sementara di laga lain, tak ada pemenang di laga Persela vs Persik.

Persela Lamongan:
Persela lolos jika menang atas Persik dan PSS gagal menang dari Persebaya.

Persik Kediri:
Persik lolos jika menang dari Persela dan PSS gagal menaklukkan Persebaya.

Madura United:
Madura United lolos jika PSS kalah dari Persebaya, dan laga Persela vs Persik berakhir imbang dengan skor maksimal 1-1.