BolaSkor.com - Arema FC mengambil pilihan bijak terkait masih adanya kontroversi pada kinerja wasit di Liga 1 2019. Tim Singo Edan memilih untuk percaya sepenuhnya kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk membenahi sektor wasitnya.

Sikap itu diambil Arema FC, karena yakin atas profesionalisme kinerja operator Liga 1 itu untuk mengevaluasi jalannya tiga pekan kompetisi ini melalui Komite Wasit.

"Kami yakin, bahwa kalau pun tidak ramai di media, LIB pasti sudah bekerja secara cepat dalam evaluasi wasitnya," beber General Manager Arema FC, Ruddy Widodo.

Baca Juga:

Arema FC Ubah Tanggal Libur Lebaran

Ada Flare di Laga Lawan Persela, Panpel Arema FC Kembali Bersiap Dijatuhi Sanksi Komdis Lagi

Menurutnya, ada sejumlah pertimbangan yang bisa diambil klub sebelum melayangkan protes terhadap kinerja wasit. Yaitu soal seberapa sering sang wasit memunculkan keputusan yang dinilai kontroversi, selama 90 menit pertandingan.

"Kalau kesalahannya hanya beberapa menit dari 90 menit, maka bisa ditoleransi. Toh, wasit juga hanya manusia biasa," papar Ruddy.

"Tapi kalau sudah dua tim yang protes, ya memang kualitas wasitnya harus segera dievaluasi," tambahnya.

Arema FC sendiri sebelumnya sudah mengeluhkan kinerja Dwi Susilo kala mengalahkan Persela Lamongan, 27 Mei lalu. Milomir Seslija secara jujur mengakui wasit asal DKI Jakarta itu sudah gagal memimpin pertandingan selevel Liga 1.

Meski memenangkan pertandingan dengan skor 3-2, namun Pelatih Arema FC itu masih kurang puas dengan sang wasit. Menurutnya, Dwi Susilo menghancurkan jalannya pertandingan yang berjalan fantastis, lewat sejumlah keputusannya yang tidak jeli. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)