BolaSkor.com - Zinedine Zidane memiliki karier yang sama cemerlangnya ketika menjadi pemain dan pelatih. Satu di antara catatan terbaiknya adalah membawa tim nasional Prancis juara Piala Eropa 2000.

Bakat Zidane mulai tercium ketika masih bermain untuk Cannes. Bordeaux mengeluarkan 7 juta euro untuk mendapatkan Zidane pada musim panas 1992. Nilai tersebut terbilang cukup tinggi untuk pemain yang masih minim pengalaman.

Rupanya, keputusan Bordeaux itu berbuah manis. Zidane menyabet penghargaan pemain terbaik divisi 1 Prancis.

Kemudian, apa yang diraih Zidane berikutnya penuh dengan tinta emas. Ia menjadi pemain terbaik dunia versi FIFA pada 1998, 2000, dan 2003. Selain itu, Zidane juga memenangi Ballon d'Or 1998.

Baca Juga:

Mengenang Aksi Terbaik Para Gelandang Papan Atas di Piala Eropa

Cedera, Karim Benzema Diragukan Tampil di Piala Eropa 2020

Cerita Menarik dan Unik di Balik Maskot-maskot Piala Eropa

Timnas Prancis

Ketika menuju Juventus pada 1996, Zidane mempersembahkan banyak gelar termasuk dua titel Serie A. Saat itu, Zizou dikenal sebagai gelandang yang punya visi, umpan, kontrol bola, dan teknik di atas rata-rata.

Tak heran, Real Madrid berani memecahkan rekor transfer ketika menggaet Zidane dari Juventus pada 2001. Los Blancos mengucurkan 77,5 juta euro.

Zidane pun langsung menjadi elemen penting pada proyek Los Galacticos pertama. Ia membawa Madrid juara Liga Champions 2002 berkat gol voli dengan kaki kiri pada laga puncak.

Selain itu, Zidane juga mengilap di timnas Prancis. Setelah membawa Pracis juara Piala Dunia 1998, Zidane mempersembahkan gelar Piala Eropa dua tahun berselang.

Meski tidak mencetak gol pada babak grup, tetapi permainan Zidane cukup konsisten. Ia membantu Prancis menempati posisi kedua klasemen akhir Grup D di bawah Belanda.

Pada babak perempat final, taji Zidane semain terasa. Golnya pada menit ke-32 turut membawa Prancis menekuk Spanyol dengan kemenangan tipis 2-1.

Zidane juga memecahkan kebuntuan pada babak semifinal kontra Portugal. Ketika pertandingan berlangsung imbang 1-1, gol emas Zidane dari titik putih pada babak perpanjangan waktu memastikan Les Bleus menuju final.

Pada laga puncak, Zidane memimpin timnas Prancis melawan Italia. Pria yang saat ini jadi pengangguran usai meninggalkan Real Madrid itu tampil penuh. Skor akhir pertandingan adalah 2-1 untuk Prancis setelah David Trezeguet mencetak gol emas pada menit ke-103.

Tak bisa diragukan lagi jika Zinedine Zidane adalah satu di antara pemain legendaris pada Piala Eropa. Perannya terbilang besar dalam keberhasilan Prancis juara pada edisi 2000.