Sosok yang Disegani Legenda Arsenal Melebihi George Best dan Johan Cruyff

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 16 April 2020
Sosok yang Disegani Legenda Arsenal Melebihi George Best dan Johan Cruyff
Jimmy Greaves (Twitter)

BolaSkor.com - Pesepak bola ikonik dan legendaris banyak menghiasi dunia sepak bola di masa lalu. Jimmy Greaves termasuk salah satu ikon sepak bola Inggris pada medio 1950 hingga 1970-an yang disegani lawan.

357 gol dari 516 laga di Divisi Satu (format sebelum Premier League) menjadi bukti ketajaman juara Piala Dunia 1966 dengan Inggris itu. Nama Jimmy Greaves masih dikenang sebagai salah satu striker ikonik di Inggris.

Bahkan lawan yang sering dijebol gawangnya, Bob Wilson memiliki kenangan buruk jika sudah berhadapan dengan Greaves. Keduanya sering bertemu di Derby London Utara antara Arsenal dan Tottenham Hotspur.

Wilson bermain sebagai kiper Arsenal pada medio 1963-1974, sementara Grieves top skor sepanjang masa Spurs dengan torehan 266 gol dari 379 laga dari medio 1961-1970.

Betapa mengerikannya ketajaman gol dan naluri serta pergerakan Greaves digambarkan oleh Wilson. Di era yang juga memiliki sosok legendaris lainnya seperti Johan Cruyff dan George Best, Wilson tetap lebih takut menghadapi Greaves ketimbang mereka berdua.

Baca Juga:

Pandemi Virus Corona Rusak Strategi Transfer Arsenal

Satu Syarat Arsenal Tidak Perlu Potong Gaji Pemain

Harry Kane Tak Mau Berikrar Setia kepada Tottenham

Jimmy Greaves

"Ingatan saya soal Jimmy sebagian besar adalah mimpi buruk. Setiap kali saya ditanya siapa yang paling saya takuti hadapi dalam karier saya, itu adalah Greavesy, bahkan di atas George Best atau Johan Cruyff," tutur Wilson di Goal.

"Setiap kali saya ditanya apa yang membuatnya begitu berbeda dan istimewa, itu adalah pemahamannya yang luar biasa, seperti radar tentang gawang lawan."

"Ini bukan tempat kecil yang Anda jaga sebagai kiper, ini jurang besar - 192 kaki persegi, tinggi delapan kaki, lebar delapan meter."

"Celah apa pun atau sudut apa pun yang menurut Anda benar-benar Anda isi, betapa pun banyak gol yang Anda tutupi, selalu ada bagian tak terelakkan dari jarak 192 kaki persegi yang tidak bisa Anda tutupi jika striker lawan memiliki keterampilan dan kemampuan untuk menemukannya."

"Jimmy Greaves adalah lelaki hebat seperti laser. Satu pandangan untuk menilai, satu sentuhan untuk menendang keras atau membelokkan bola ke bagian gawang yang tidak dapat dipertahankan."

Bob Wilson

"Saya mungkin sedikit melebih-lebihkan, tetapi, selama pertemuan kami, Jimmy tampaknya mencetak gol pada apa yang saya pikir adalah sudut yang tidak mungkin."

"Setelah dia melakukannya, dia sering memberi saya sedikit senyum. Untungnya dia tidak pernah bisa mendengar kata-kata kasar yang saya ucapkan pada saat itu. Dia sensasional, aneh. Yang terbaik dari yang terbaik," urai Wilson.

Jimmy Greaves memberikan dua titel Piala FA, Charity Shield, satu Piala Winners bersama Tottenham serta satu Scudetto 1962 untuk Il Rossoneri.

Breaking News Tottenham Hotspur Arsenal
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan