BolaSkor.com - Leicester City meraih kemenangan dengan skor telak 9-0 atas Southampton dalam lanjutan laga pekan 10 Premier League di St Mary's Stadium, Sabtu (26/10) dini hari WIB. Sejumlah rekor menarik tercipta dari pertandingan tersebut.

Ben Chilwell membuka keran gol Leicester di menit 10. Dua menit kemudian bek kiri Southampton, Ryan Bertrand, menerima kartu merah. Sejak saat itu, Southampton bermain dengan 10 pemain dan Leicester semakin menggila.

Bermain ofensif di bawah asuhan Brendan Rodgers, Leicester mendominasi 73 persen penguasaan bola, melepaskan 25 percobaan tendangan dan 15 tendangan tepat sasaran. Delapan gol pun lahir di markas Southampton.

Youri Tielemans mencetak satu gol (17'), diikuti hat-trick gol Ayoze Perez (19', 39', dan 57') dan Jamie Vardy (45', 58', dan 90+4'), serta satu gol James Maddison di menit 85. Southampton tak berkutik dengan hanya 27 persen penguasaan bola.

Baca Juga:

Fantastis, Leicester City Pesta Sembilan Gol ke Gawang Southampton

Antisipasi Piala Dunia 2022, Premier League Mulai Susun Rancangan Jadwal Musim 2022-23

Pesan Emosional Penggawa Leicester City untuk Mendiang Pemilik

Kasper Schmeichel

Sederet rekor menarik muncul dari pertandingan tersebut. Salah satunya adalah nama keluarga yang ikonik, Schmeichel. Dari catatan di Opta, Peter Schmeichel menorehkan catatan clean sheets ketika Manchester United menang 9-0 atas Ipswich Town pada 4 Maret 1995.

Kini, sang putra, Kasper Schmeichel, meneruskan titah sang ayah dengan catatan yang sama melawan Southampton pada Oktober 2019. Performa apik kiper berusia 32 tahun itu dipuji manajer Leicester, Brendan Rodgers.

"Kasper benar-benar bahagia. Satu-satunya kiper yang punya catatan sembilan (sembilan gol klub kepada lawan) adalah ayahnya. Kami percaya dengan pekerjaan kami, percaya kami bisa terus mendorong tampil bagus selama musim ini. Mentalitas kami adalah cara kami bekerja setiap harinya. Para pemain ingin membaik dan berkembang," papar Rodgers.

Schmeichel bukan satu-satunya fakta-fakta menarik dari pertandingan tersebut. Berikut penjabaran lengkap yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Leicester jadi tim kedua di Premier League yang memiliki dua pemain yang menorehkan hat-trick gol di satu laga (Perez-Vardy), sebelumnya adalah Arsenal pada Mei 2003 - juga melawan Southampton - (Jermaine Pennant dan Robert Pires).

2. Ayoze Perez ikuti jejak eks striker Liverpool, Luis Suarez, yang menorehkan dua hat-trick beruntun ke gawang tim yang sama. Perez juga pernah menorehkan hat-trick ke gawang Southampton pada April 2019.

3. Leicester City sebelumnya tidak pernah menang apabila memainkan laga Premier League di Jumat malam (kutukan itu telah berakhir).

4. Leicester memecahkan rekor kemenangan terbesar untuk kategori tim tandang di kompetisi teratas divisi sepak bola Inggris dalam sejarah 131 tahun Liga Sepak Bola.