Spesialis Lemparan Jarak Jauh di Timnas U-20, Robi Darwis Kilas Balik ke 2010

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 08 November 2022
Spesialis Lemparan Jarak Jauh di Timnas U-20, Robi Darwis Kilas Balik ke 2010
Robi Darwis. (Tangkapan Layar PSSI TV)

BolaSkor.com - Pemain muda Persib, Robi Darwis kini menjadi sorotan bersama Timnas Indonesia U-20. Pasalnya, ia memiliki lemparan ke dalam dengan jarak jauh.

Bahkan aksi lemparan jarak jauh itu berbuah assist untuk gol Muhammad Ferarri ketika Timnas Indonesia U-20 mengalahkan Moldova U-20 dengan skor 3-1 dalam laga uji coba di Turki, 1 November 2022 lalu.

Robi Darwis mengaku kemampuan lemparan jarak jauh tersebut sudah dimiliki sejak usia belia. Awalnya, ia lakukan ketika bermain di kompetisi Magma 2010 silam.

"Berawal dari kompetisi Magma 2010 kalau nggak salah ya, Robi pertama kompetisi main ada out. Lalu Robi coba ambil dan langsung coba throw in ke gawang, eh nyampe," ungkap Robi Darwis, Selasa (8/11).

Baca Juga:

Luis Milla Rasakan Berlatih di Stadion Bersejarah Persib

Persis Solo Gelar Pemusatan Latihan di Markas Mewah Johor Darul Ta'zim

Saat itu juga, lanjutnya, tim pelatih menginstruksikan Robi Darwis untuk menjadi spesialis dalam melakukan lemparan ke dalam, terutama ke arah gawang lawan di setiap pertandingan yang dijalani.

"Dari situ pelatih menginstruksikan untuk selalu memanfaatkan kelebihan Robi yang sebelumnya nggak tahu. Dan terbukti Alhamdulillah dari throw in banyak terjadi gol. Jadi terbilang assist lemparan," katanya.

Pemain jebolan Akademi Persib ini pun mengaku semakin mempelajari cara melakukan pelemparan ke dalam dari jarak yang cukup jauh. Tujuannya agar lemparan yang dilakukan tidak sia-sia.

"Yang sekarang lebih di dalami, ingin konsisten lemparan itu serasa shooting lebih keras, lebih membahayakan tim lawan, nggak cuma jauh saja," tuturnya.

Terkait mengenai respons dari pelatih Shin Tae-yong, pemain yang baru dipromosikan Persib musim ini mengaku tidak mengetahuinya. Sebab hingga saat ini, ia belum mendengar komentar mengenai kelebihan yang dimiliki.

"Tapi sejauh ini selalu dimanfaatkan dan diinstruksikan ketika dapat out, pasti Robi yang ambil buat throw in jauh. Alhamdulillah di pertandingan resmi dan uji coba sering buat assist. Semoga lebih baik lagi ke depannya," harap Robi. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Robi Darwis Timnas indonesia u-20 Persib Bandung
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan