Stadion Gajayana Akan Dipersiapkan Menjadi Kandang Arema FC Musim Depan

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 19 Oktober 2022
Stadion Gajayana Akan Dipersiapkan Menjadi Kandang Arema FC Musim Depan
Stadion Gajayana. (BolaSkorcom/Kristian Joan)

BolaSkor.com - Kelanjutan nasib Arema FC pasca Tragedi Kanjuruhan yang terjadi seusai Derbi Jatim menjamu Persebaya Surabaya Sabtu (1/10) lalu, memang sudah jelas. Tim Singo Edan dilarang bermain di Malang untuk 11 pertandingan kandang tersisa pada Liga 1 musim 2022/2023.

Meski demikian, Arema FC mesti kembali berpikir untuk memutuskan stadion sebagai kandang untuk Liga 1 musim 2023/2024 mendatang. Pasalnya, Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang yang menjadi markas utama mereka, harus steril karena akan direnovasi total imbas tragedi yang menewaskan ratusan orang itu.

Situasi itu lantas memunculkan adanya opsi Arema FC menggunakan Stadion Gajayana di Kota Malang, sebagai homebase. Untuk hal ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang selaku pemilik aset bersikap terbuka dan siap untuk mewujudkannya.

Baca Juga:

Dias Angga Beberkan Program Dewa United FC di Tengah Penghentian Liga 1

Bupati Malang Ajukan Setengah Triliun Rupiah untuk Renovasi Stadion Kanjuruhan


"Semoga kita bisa segera bicara dengan manajemen Arema FC soal benar tidaknya Stadion Gajayana menjadi home base Arema," ucap Wali Kota Malang, Sutiaji pada Selasa (18/10) kemarin.

Pemkot Malang pun mengerti adanya risiko jika stadion berkapasitas 25 ribu penonton itu akhirnya dipilih Arema FC sebagai kandang. Lantaran setelah terjadinya Tragedi Kanjuruhan, stadion-stadion mesti melalui tahap verifikasi berupa audit teknis untuk menilai layak atau tidak menggelar pertandingan sepak bola.

"Tentu harus (siap menjalani verifikasi). Yang pasti, kita juga tidak ingin mengulang sesuatu (tragedi) yang terjadi kemarin," ungkap Sutiaji.

"Apa saja yang menjadi rekomendasi FIFA (federasi sepak bola dunia untuk verifikasi) tentu harus kita patuhi dan taati," pungkas orang nomor satu di Kota Malang tersebut. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi/Malang)

Stadion gajayana Arema FC Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan