Statistik Berbicara, Harry Maguire Tak Seburuk yang Dikatakan Orang

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 13 Februari 2023
Statistik Berbicara, Harry Maguire Tak Seburuk yang Dikatakan Orang
Harry Maguire (Twitter)

BolaSkor.com - Harry Maguire dianggap tampil buruk saat Manchester United bertandang ke markas Leeds United pada lanjutan Premier League 2022-2023. Namun statistik mengatakan sebaliknya.

Dalam laga yang berlangsung di Elland Road, Minggu (12/2), Manchester United mengalahkan Leeds dengan skor 2-0. Maguire tampil penuh sejak menit pertama.

Tampilnya Maguire sebagai starter menjadi kejutan tersendiri dalam pertandingan ini. Itu karena dirinya kini lebih sering duduk di bangku cadangan karena kalah bersaing dengan duet Raphael Varane dan Lisandro Martinez.

Baca Juga:

Leeds United 0-2 Manchester United: De Gea 400 Laga, Setan Merah Dekati Puncak

Marcus Rashford Terus Moncer, Erik Ten Hag Beri Wanti-Wanti

Dikritik Warganet di Medsos, Harry Maguire Dibela David De Gea

Tak heran jika banyak penggemar Manchester United yang terkejut dengan keputusan Ten Hag memainkan Maguire. Tak sedikit yang pesimis timnya bisa meraih hasil maksimal.

Maguire mendapat banyak kritikan setelah beberapa kali melakukan kesalahan. Puncaknya tentu ketika backpass ke David De Gea mampu dipotong Jack Harrison dan menimbulkan kemelut meski pemain berusaia 29 tahun itu mampu bertanggung jawab.

Blunder tersebut terjadi pada menit ke-35. Namun momen itu tak membuat mental Maguire terganggu.

Terbukti, Ten Hag tetap mempertahankan Maguire hingga laga usai. Gawang De Gea juga akhirnya tak mampu ditembus Leeds.

Kontribusi besar Maguire kian terlihat dalam data statistik. Dirinya 108 operan sukses sepanjang pertandingan. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak dilakukan pemain Manchester United dalam satu laga sepanjang musim 2022-2023 mengalahkan Christian Eriksen (105 operan vs Sheriff Tiraspol) dan Raphael Varane (104 operan vs Leeds United).

Para pengkritik Maguire tentu tidak menerima begitu saja statistik tersebut. Mereka mungkin menilai kebanyakan operan sang bek dilakukan ke samping atau ke belakang.

Namun tuduhan tersebut tidak sepenuhnya benar. Maguire tercatat 17 kali melakukan umpan panjang dan tujuh di antaranya sukses.

Serangan yang berbuah gol pertama Manchester United milik Marcus Rashford juga berawal dari dirinya. Ia juga sering melewati garis tengah untuk ikut menyerang.

Sementara statistik bertahannya juga cukup menonjol. Ia melakukan dua blok krusial dan tiga sapuan untuk menghentikan serangan lawan.

Tak heran jika Ten Hag memberikan pujian kepada Maguire. Juru taktik berkebangsaan Belanda itu menampik dirinya tak percaya dengan kemampuan bek Timnas Inggris tersebut.

"Dia akan memainkan pertandingannya, itu pasti karena kami membutuhkannya. Dia pemain yang bagus tetapi kami memiliki kompetisi, kualitas terbaik di lini belakang," kata Ten Hag kepada Sky Sports.

"Kompetisi internal yang bagus dan kami membutuhkannya sebagai tim untuk memenangkan pertandingan."

Performa kontra Leeds bisa membuka jalan Maguire untuk kembali merebut satu tempat di skuad inti. Varane kini menjadi saingan utama untuk mengisi pos bek tengah bagian kanan.

Harry Maguire Manchester United Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan