Sudah Tunjuk Pelatih Baru hingga TC di Serbia, Lawan Timnas Indonesia Gigit Jari Usai Kualifikasi Ditunda

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 13 Agustus 2020
Sudah Tunjuk Pelatih Baru hingga TC di Serbia, Lawan Timnas Indonesia Gigit Jari Usai Kualifikasi Ditunda
Timnas UEA menjalani pemusatan latihan di Serbia. (UAEFA)

BolaSkor.com - Lawan Timnas Indonesia, Uni Emirat Arab (UEA) harus gigit jari. Langkah yang sudah ditempuh seakan sia-sia pasca keputusan FIFA dan AFC menunda pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023.

Pada Rabu (12/8), AFC mengumumkan bahwa pertandingan pada Oktober dan November dijadwal ulang ke 2021. Ini merupakan perubahan kedua kalinya.

Semula laga sisa kualifikasi dijadwalkan Maret dan Juni. Namun diubah ke Oktober dan November sebagai dampak pandemi virus corona (COVID-19).

Keputusan FIFA dan AFC terkait situasi COVID-19 yang saat ini masih melanda banyak negara. FIFA dan AFC merasa perlu untuk menjaga kesehatan dan keselamatan banyak pihak.

Baca Juga:

Timnas Vietnam Ubah Rencana Usai Kualifikasi Piala Dunia 2022 Dijadwal Ulang, Skuat SEA Games Tetap Jalan

Timnas Indonesia Urung Tanding Oktober dan November, Jadwal Kualifikasi Piala Dunia Mundur ke 2021

Timnas UEA menyambut betul lanjutan kualifikasi pada Oktober dan November, mengingat posisi saat ini di klasemen Grup G sedang tidak aman. Sesuai jadwal sebelumnya, UEA menghadapi Malaysia pada 8 Oktober dan dijamu Timnas Indonesia lima hari kemudian. UEA menjalani dua laga kandang masing-masing melawan Thailand (12/11) dan Vietnam (17/11).

Pada akhir Juni, pelatih baru sudah ditunjuk Federasi Sepak Bola UEA (UAEFA) meyambut kelanjutan kualifikasi, yakni Jorge Luis Pinto. Pemusatan latihan atau training camp (TC) pascapandemi kemudian digelar di Al Ain, 22-27 Juli.

Persiapan terlihat serius dengan program pemusatan latihan di Serbia, apalagi UEA sudah dibantu para pemain naturalisasi yang belum lama diubah kewarganegaraannya. Pemusatan latihan di Serbia dengan perencanaan matang di tengah pandemi, digelar sejak 5 Agustus dan direncanakan sampai 23 Agustus.

Saat AFC mengumumkan penundaan, Timnas UEA masih berada di Serbia. Di beberapa media UEA, keputusan AFC dianggap terburu-buru dan tanpa pemberitahuan jauh-jauh hari.

"Tanpa modifikasi, pemusatan latihan The White berlanjut, yang berakhir pada 22 Agustus. Sementara pengurus berdiskusi dengan staf teknis yang dipimpin Pinto, setelah kembali dari kamp di Serbia," tulis Alittihad.

Timnas UEA tampaknya akan terus dipersiapkan, termasuk pada Oktober dan November meski dengan jangka waktu yang akan disesuaikan. Uji coba melawan Yordania dan Tajikistan pada September juga tetap diagendakan.

Vietnam Thailand UEA Timnas Indonesia Piala dunia 2022 Kualifikasi Piala Dunia 2022 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan