Sukses Kilat Thomas Tuchel dan Kisah di Balik Sepatu Abu-abu

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 30 Mei 2021
Sukses Kilat Thomas Tuchel dan Kisah di Balik Sepatu Abu-abu
Thomas Tuchel (twitter)

BolaSkor.com - Baru menangani Chelsea selama empat bulan dan tiga hari, Thomas Tuchel sudah mengukir banyak pencapaian mentereng. Puncaknya dengan menjadi juara Liga Champions, gelar yang musim lalu gagal diraihnya saat bersama Paris Saint-Germain.

Manajer asal Jerman itu dipercaya menangani Chelsea pada 26 Januari 2021. Tuchel menggantikan Frank Lampard yang dipecat. Saat Tuchel datang, Chelsea ada di posisi sembilan klasemen Premier League. Dari 19 laga, Chelsea meraih 29 poin, hasil dari delapan kemenangan, lima imbang, dan enam kekalahan.

Baca Juga:

Rating Pemain Chelsea dan Man City: Kante Fantastis, Sterling 'Hilang'

Menilai Performa Rekrutan-rekrutan Anyar Chelsea di Musim 2020-2021

Taktik Tanpa Striker Murni City Dikritik, Guardiola Angkat Bicara

Di bawah mantan pelatih Paris Saint-Germain, The Blues berhasil meraih 11 kemenangan, lima imbang, dan tiga kekalahan dari 19 laga tersisa di Premier League.

Chelsea berhasil finis di empat besar dan memastikan tiket ke Liga Champions musim depan. Thomas Tuchel juga mampu membawa Chelsea lolos hingga ke final Piala FA. Namun Chelsea kalah di tangan Leicester City.

Kegagalan itu dibalas di final Liga Champions. Pada partai puncak, The Blues berhadapan dengan Manchester City di Estadio do Dragao. The Blues berhasil membungkam The Citizens berkat gol tunggal Kai Havertz.

Chelsea berhak atas trofi Si Kuping Besar yang kedua, setelah sebelumnya diraih pada 2011-2012.

"Saya sangat bersyukur bisa masuk final untuk kedua kalinya. Rasanya berbeda. Saya memberitahu semua pemain sebelumnya. Entah bagaimana kami bisa merasakannya setiap hari, semakin dekat dengan final tetapi kami merasa nyaman," ujar Thomas Tuchel di situs resmi Chelsea.


Sepatu Abu-abu

Ada kisah menarik di balik sukses Tuchel membawa Chelsea menjuarai Liga Champions. Kisah menarik tersebut mengenai sepatu warna abu-abu yang dikenakan Tuchel.

Sepatu tersebut ternyata pemberian Presiden Paris Saint-Germain, Nasser Al-Khelaifi, pada tahun lalu. Saat itu, Tuchel berjanji memakainya saat PSG tampil di final Liga Champions kontra Bayern Munchen. Namun, saat itu Tuchel tidak memakainya dan PSG kalah.

Kali ini, Tuchel mengenakan sepatu pemberian bos PSG tersebut, saat mendampingi Chelsea pada final Liga Champions kontra Manchester City.

"Saya memiliki sepatu di saat di Paris dan saya berjanji bahwa kami akan memakai sepatu ini saat mencapai final Liga Champions," ujar Tuchel.

"Sepatu ini hadiah dari presiden di PSG. Saya berjanji kepada staf akan memakainya di final dan saya tidak memakainya jadi kami kalah. Saya memakainya hari ini dan mereka berhasil."

Liga Champions Chelsea Thomas Tuchel Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan