Supardi Fokus Persiapan Persib Ketimbang Pikirkan Faktor Non Teknis saat Hadapi Madura United

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 03 Oktober 2019
Supardi Fokus Persiapan Persib Ketimbang Pikirkan Faktor Non Teknis saat Hadapi Madura United
Supardi Nasir. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Persib Bandung perlu waspada menghadapi Madura United di Stadion Gelora Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Sabtu (5/10). Terutama dari faktor non teknis.

Faktor non teknis tersebut bisa terjadi dari mulai cuaca atau struktur lapangan. Namun yang lebih waspada adalah soal kepemimpinan wasit.

Terbukti di musim 2018 lalu, Persib mengalami kekalahan 1-2 setelah tim berjulukan Laskar Sape Kerrab itu mendapatkan hadiah penalti dari wasit pertandingan.

Baca Juga:

Robert Rene Alberts Enggan Pemain Persib Bandung Bosan Jelang Hadapi Madura United

Hanya Ghozali Siregar Tak Bisa Dimainkan Persib saat Hadapi Madura United

Meski demikian, Kapten Persib, Supardi Nasir ogah menanggapi faktor non teknis tersebut. Baginya lebih penting memikirkan tim sendiri demi bisa tampil maksimal di laga nanti.

"Masalah non teknis diluar kuasa kita. Tugas kita pemain ikhtiar, tugas kita bermain, berdoa. Terlepas non teknis itu urusan mereka," kata Supardi di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage, Kota Bandung.

Pemilik nomor punggung 22 ini pun berharap hal ini dirasakan juga rekan-rekan setimnya. Sehingga pemain Persib bisa tampil lepas tanpa memikirkan faktor non teknis tuan rumah.

"Saya pengen semua pemain menyimpan energi positifnya. Jangan pikirkan wasit, berjuang aja di lapangan. Kalah menang itulah sepak bola, kalah kita dengan terhormat, menang dengan terhormat," tegasnya.

Sejauh ini, Supardi mengaku masa persiapan yang dilakukan berjalan maksimal. Itu terjadi setelah laga melawan Arema FC yang sedianya akan digelar di Stadion si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (28/9) batal terlaksana.

"Persiapan sampai saat ini sudah maksimal, tinggal kita menjaga saja. Seperti yang saya katakan pertandingan selalu penting, baik itu away atau home, saya berharap kita berangkat kesana bisa membuahkan hasil dari kerja keras kita hari ini," tuturnya.

Supardi menyadari Persib tidak akan mudah mengalahkan Madura United. Terbukti tim berjulukan Laskar Sape Kerrab itu berada di peringkat ke-3 papan klasemen sementara Liga 1 2019 dengan perolehan 35 poin.

"Madura united memiliki materi pemain yang berpengalaman, pemain yang bagus, banyak yang harus kita antisipasi, semua pemain. Terlepas dari yang dipanggil timnas tapi saya rasa tidak terlalu pengaruh ke timnya. Ada pengaruh pun tidak terlalu besar. Karena pemain pengganti mereka juga tidak kalah baiknya," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Persib Bandung Madura united Wasit Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan