Surat Izin Piala Menpora Diserahkan ke PSSI

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Jumat, 19 Februari 2021
Surat Izin Piala Menpora Diserahkan ke PSSI
Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI, Komjen Pol Mochammad Iriawan. (Istimewa)

BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, memberikan surat izin untuk menggelar turnamen pramusim Piala Menpora 2021 kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di Wisma Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jumat (19/1).

Sebelumnya, surat ini sudah diberikan kepada Menpora dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, di Markas Besar Polisi Republik Indonesia (Mabes Polri) pada Kamis (18/2).

"Hari ini saya serahkan secara resmi izin yang kami dapat dari Polri sebagai pegangan PSSI untuk gelaran pramusim," kata Zainudin Amali di sela-sela pemberian surat izin kepolisian kepada ketum PSSI.

Baca Juga:

Alasan PSSI Memberi Titel Piala Menpora 2021 untuk Turnamen Pramusim

Persib Siap Jadi Tuan Rumah Piala Menpora 2021

"Pesan Kapolri tolong ini dijaga dengan baik amanahnya. Mudah-mudahan ini jadi contoh kegiatan-kegiatan berikutnya," tambah menteri asal Gorontalo tersebut.

Setelah menyerahkan surat kepada PSSI, Zainudin Amali ingin PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) segera bekerja. Pasalnya, Piala Menpora 2021 ini berencana digelar pada 20 Maret 2021 mendatang.

"Sudah saya teruskan izin kepada ketum PSSI. Dengan demikian PSSI dan PT LIB harus kerja cepat karena waktu hanya singkat," ucapnya.

Sementara itu, Iwan Bule sapaan karib Mochamad Iriawan, berterima kasih atas semua yang diberikan oleh Menpora. Saat ini PSSI dan PT LIB akan berbuat semaksimal mungkin agar kompetisi pramusim bisa berjalan dengan baik.

"Dengan adanya turnamen pramusim semua bisa melihat penerapan disiplin protokol kesehatan, karena kita belum pernah mencobanya," ujar Iriawan.

Piala Menpora 2021 rencananya digelar pada 20 Maret mendatang selama 37 hari. Ada 20 klub yang ikut serta, 18 tim dari Liga 1 dan dua tim dari Liga 2. PSMS Medan dan Sriwijaya FC yang mewakili Liga 2.

Nantinya, 20 tim akan dibagi dalam empat grup wilayah, yakni Kota Solo, Sleman, Magelang, dan Semarang sebagai venue. Opsi lain yakni Samarinda, Lampung, dan Palembang.

Format turnamen menggunakan single round robin. Juara serta tiga tim runner-up terbaik dari masing-masing grup akan lolos ke babak delapan besar.

Di delapan besar, format menggunakan sistem single match. Jika hasil akhir imbang akan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu hingga adu penalti. Begitupun babak semifinal dan final.

Liga 2 PT Liga Indonesia Baru PT LIB Zainudin Amali Menpora Zainudin Amali Pssi Piala menpora Liga 1 Breaking News Mochamad Iriawan
Posts

4.871

Bagikan