Susah-susah Gampang Memahami Karakteristik Bermain Lionel Messi

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 16 April 2020
Susah-susah Gampang Memahami Karakteristik Bermain Lionel Messi
Lionel Messi dan Fernando Gago (Twitter)

BolaSkor.com - Siapa pun ingin bermain dengan megabintang Barcelona Lionel Messi. La Pulga bermain sepak bola selayaknya bermain bal-balan itu mudah (padahal tidak). Fernando Gago punya cerita pengalamannya bermain dengan Messi.

Fernando Gago tidak pernah membela Barcelona dalam kariernya, melainkan tim rival Real Madrid pada medio 2007-2012 dan kini membela Velez Sarsfield pada usia 34 tahun.

Namun di level internasional Gago telah 10 tahun bermain dengan Messi di timnas Argentina dari 2007 hingga 2017. Pengemas 61 caps itu memahami cara Messi bermain melalui persahabatan dan rutinitas bermain selama bertahun-tahun.

Baca Juga:

Ighalo dan Matic Sepakat Ronaldo Lebih Baik daripada Messi

Bukan Lionel Messi, Inter Berminat Tukar Lautaro Martinez dengan Griezmann

Mantan Rekan Setim Ungkap Kemampuan Istimewa Lionel Messi

Fernando Gago dan Lionel Messi

"Itu (pemahaman bermain dengan Messi) datang dari bertahun-tahun pertemanan dan bermain bersama. Saya berbagi pandangan yang sama akan pertandingan sepertinya," tutur Gago kepada Radio Continental.

Messi pada awalnya bermain sebagai penyerang sayap kanan, namun seiring bertambahnya usia kedewasaan bermainnya meningkat. Pemenang enam Ballon d'Or tak lagi hanya bertindak sebagai pencetak gol, tapi juga kreator serangan dan sering bergerak ke tengah permainan.

Gago melihat Messi jika ia melakukannya di Argentina maka itu mengartikan dia tak nyaman berada di depan karena dikawal lawan hingga harus mundur ke tengah permainan.

"Saya mengerti bahwa jika dia berdiri di tengah lapangan, itu karena dia merasa tidak nyaman; dia tahu bahwa dia seharusnya tidak diberikan bola," imbuh Gago.

"Jika dia berdiri itu karena saya harus menemukan ruang dan saya butuh dua operan lagi untuk memungkinkan pergerakan," terang pemain yang juga pernah membela AS Roma dan Boca Juniors itu.

Memberikan setiap bola kepada Messi - dan berharap ia menciptakan keajaiban - juga tidak tepat, sebab pemain berusia 32 tahun sudah pasti dikawal satu hingga tiga pemain. Tak ayal akurasi dalam mengoper bola kepadanya itu penting.

"Saya selalu mengatakan bahwa kita seharusnya tidak memberinya bola setiap saat. Saya mencoba mencari ruang untuknya sehingga dia bisa mengendalikan bola dan berbalik," imbuh Gago.

"Operan harus akurat 100 persen karena mungkin ada tiga atau empat orang di sisinya. Mudah bagi saya untuk memahaminya," urai produk akademi Boca Juniors tersebut.

Berposisi sebagai gelandang peran Gago memang sedianya untuk memberikan suplai bola kepada penyerang. Gago memiliki visi bermain yang bagus dan kemampuan mengontrol bola di lini tengah permainan.

Breaking News Barcelona Lionel Messi Argentina Timnas Argentina
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan