BolaSkor.com - UEFA telah mengumumkan susunan starting line up terbaik Piala Eropa 2020. Yang mengejutkan, tidak ada nama Cristiano Ronaldo dalam daftar ini.

Italia yang merebut gelar juara mendominasi susunan tim ini. Gli Azzurri mengirimkan lima wakil yaitu Gianluigi Donnarumma, Leonardo Bonucci, Leonardo Spinazzola, Jorginho, dan Federico Chiesa.

Kontribusi kelimanya memang sangat vital dalam permainan Italia. Donnarumma bahkan sudah lebih dulu dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala Eropa 2020.

Baca Juga:

Marcus Rashford Curhat Penyebab Gagal Penalti

Satu Penyesalan Ciro Immobile di Piala Eropa 2020

Pesta Timnas Italia: Parade Keliling Roma hingga Kunjungan Presiden

Susunan pemain terbaik Piala Eropa 2020

Inggris yang menempati posisi runner up mengirimkan tiga wakilnya dalam daftar ini. Ketiga pemain yang dimaksud adalah Harry Maguire, Kyle Walker, dan Raheem Sterling.

Tidak adanya nama Luke Shaw dalam daftar ini cukup mengejutkan. Padahal pemain Manchester United tersebut tampil menonjol di sisi kiri The Three Lions.

Namun performa Shaw dianggap tim pengamat teknis UEFA masih kalah jika dibandingkan dengan Spinazzola. Padahal bek AS Roma itu absen di semifinal dan final karena mengalami cedera.

Tiga slot tersisa masing-masing diisi oleh Pierre-Emile Hojbjerg (Denmark), Pedri (Spanyol), dan Romelu Lukaku (Belgia). Ketiganya memang menjadi tulang punggung kekuatan tim masing-masing.

Ronaldo Menghilang

Pemilihan Lukaku sebagai ujung tombak cukup mengejutkan. Penyerang bertubuh jangkung itu menyingkirkan Cristiano Ronaldo.

Padahal Ronaldo berstatus top skorer turnamen dengan koleksi lima gol. Namun tiga gol di antaranya tercipta lewat titik penalti.

Tersingkirnya Portugal secara dini di babak 16 besar juga menjadi pertimbangan tim pengamat UEFA. Lukaku memang membawa Belgia melaju lebih jauh yaitu hingga perempat final.

Tim pengamat teknis UEFA diisi oleh 16 orang yang kompeten. Beberapa di antaranya seperti Esteban Cambiasso, Fabio Capello, David Moyes, hingga Robbie Keane tentu sudah tidak asing bagi pecinta sepak bola.

Susunan tim terbaik Piala Eropa 2020

Formasi (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Kyle Walker, Leonardo Bonucci, Harry Maguire, Leonardo Spinazzola; Pierre-Emile Hojbjerg, Jorginho, Pedri; Federico Chiesa, Raheem Sterling, Romelu Lukaku.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini